Cara agar cepat tidur (Dok:SehatQ)

7 Cara Agar Cepat Tidur Yang Paling Ampuh

Ester | Kesehatan | 14-05-2022

PARBOABOA – Salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi saat ini adalah insomnia. Jika kamu adalah salah satu dari penderita insomnia maka artikel kami yang satu ini wajib kamu baca. Di bawah ini Parboaboa telah merangkum 7 cara cepat tidur yang cocok untuk kamu lakukan.

Insomnia adalah sebuah gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk tidur atau memiliki jam tidur yang berantakan. Bahkan, penderita insomnia dapat terjaga sepanjang hari meskipun ia mempunyai banyak waktu untuk tidur.

Gangguan ini dapat berdampak kepada kegiatan yang dilakukan penderitanya dikeesokan harinya.

Waktu tidur sendiri dapat mempengaruhi kinerja tubuh seseorang. Jika kita terlalu lama tidur atau terlalu sedikit mendapatkan istirahat, maka beberapa gangguan fisik dan mental dapat terjadi. Contohnya adalah mudah lelah, kebingungan, mengantuk sepanjang hari, dan lain sebagainya.

Bahkan, insomnia dapat berpengaruh kepada fungsii kognitif, ingatan, suasana hati, dan emosi seseorang. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga pola tidur kita dan mendapatkan jam isitirahat yang cukup.

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan 7 tips cara cepat tidur yang efektif untuk kamu lakukan dalam mengubah pola tidur kamu. Penasaran dengan hal itu? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Menggunakan Metode 4-7-8

Metode 4-7-8 adalah sebuah cara agar cepat tidur yang paling terkenal cara ini dikembangkan oleh Dr Andrew Weil yang dapat membuat siapa saja tenang dan rileks. Bisa dibilang, praktek dari metode ini mirip dengan yang dipelajari saat yoga.

Cara melakukannya adalah:

  1. Letakkan ujung lidah di belakang gigi depan bagian atas.
  2. Lalu, buang napas sepenuhnya melalui mulut.
  3. Kemudian, tutup mulut dan Tarik napas melalui hidung sampai empat detik.
  4. Selanjutnya, tahan napas hingga tujuh detik.
  5. Buka mulut dan buang napas sepenuhnya melalui mulut selama delapan detik.
  6. Ulangi cara yang tadi sebanyak 3 kali.

2. Mengatur Jadwal Tidur

Tubuh memiliki sebuah sistem pengaturan tersendiri yang disebut dengan ritme sirkadian. Sistem ini dapat memungkinkan tubuh untuk bangun di siang hari dan mengantuk di pagi hari. Namun untuk mengatasi insomnia, kamu perlu mengatur jadwal tidur kamu.

Caranya adalah, cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama. Hal ini dapat membuat tubuh secara terbiasa untuk memberi isyarat untuk kita bangun di waktu yang sama setiap harinya. Kamu juga dapat memasang alarm untuk membantu kamu dalam bangun di jadwal yang kamu inginkan.

3. Menghindari Barang Elektronik Sebelum Tidur

Cara selanjutnya untuk kamu dapat tidur dengan cepat dan teratur adalah dengan menghindari barang-barang elektronik sebelum tidur. Setidaknya, kamu perlu menghindari barang elektronik 2 jam sebelum kamu ingin tidur malam.

Dengan menghindari barang elektronik, mata kamu akan lebih rileks dan mudah untuk tidur. Karena, cahaya dari barang elektronik dapat menurunkan produksi hormon melatonin yang dapat menyebabkan insomnia.

4. Melakuakan Meditasi

Mungkin kamu sering mendengar bahwa orang yang memiliki banyak masalah atau strees cenderung sulit untuk tidur. Jika hal tersebut terjadi kepadamu, maka kamu dapat menenangkan pikiran kamu terlebih dahulu dengan melakukan yoga atau meditasi.

Yoga dapat mengatur pola pernapasan dan gerakan tubuh yang mampu melepaskan stress dan ketegangan di dalam diri kita. Sedangkan untuk meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin yang mampu membantu otak untuk mencapai keadaan yang memudahkan kita untuk tidur.

5. Menghindari Mengonsumsi Makanan atau Minuman Tertentu

Seperti yang kita ketahui, salah satu minuman yang dapat membuat kita terjaga sepanjang malam adalah kopi atau minuman yang berbau Kafein. Oleh karena itu, untuk menjaga dan mengatur pola tidur kamu agar lebih teratur sebaiknya untuk menghindari minuman-minuman tersebut.

Tidak hanya membuat mata terjaga sepanjang malam, kopi juga dinilai dapat meningkatkan resiko penyakit jantung jika dikonsumsi terlalu banyak.

6. Menghindari Tidur di Siang Hari

Cara agar tidur cepat selanjutnya adalah dengan menghindari tidur di siang hari. Memang, tidur adalah kebutuhan kita sebagai manusia. Apalagi jika kita para pekerja yang memang waktu yang dihabiskan lebih banyak di luar dari pada di dalam rumah.

Namun, ada baiknya kamu untuk menghindari tidur siang. Jika kamu tidur di siang hari, kemungkinan mata kamu terjaga sepanjang malam akan terjadi. Jadi, untuk membantu pola tidur kamu teratur, hindarilah tidur di siang hari.

7. Minum Susu

Jika kopi adalah salah satu minuman yang wajib kamu hindari ketika ingin tidur cepat, maka susu adalah minuman yang wajib kamu minum untuk dapat tidur dengan cepat. Susu dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa kamu andalkan untuk dapat tertidur dengan cepat karena nutrisi yang diberikan di dalamnya.

Beberap nutrisi di dalamnya yang dapat membantu kamu tidur cepat adalah lemak, omega 3, protein, dan lain sebagainya.

Nah, itulah cara cepat agar tidur yang dapat kamu terapkan untuk membantu memperbaiki pola tidur kamu. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu terlebih para penderita insomnia.

Tag : #tidur    #cara cepat tidur    #kesehatan    #insomnia    #pola tidur   

Baca Juga