Bus listrik BYD yang diproyeksikan untuk armada TransJakarta. (Foto: ANTARA News/Alviansyah P)

Akan Hadir di Jakarta, Busworld Capai Transaksi Hingga Rp 4 T

Sondang | Metropolitan | 21-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Setelah sempat ditunda karena pandemi covid-19, Global Expo Management (GEM) Indonesia bersama Busworld International akhirnya akan digelar pada 5-7 Oktober 2022 mendatang di Indonesia tepatnya di JI Expo, Kemayoran, Jakarta.

Pameran yang berpusat di Belgia ini akan menghadirkan kembali pameran autobus terbesar di Asia Tenggara. Hal itu disambut positif para pelaku bisnis bus di Indonesia. Apalagi adanya infrastruktur jalan sudah mulai membaik dengan adanya jalan tol lintas daerah.

"Busworld sendiri adalah pameran bus skala internasional terbesar di dunia, khusus bus. Ini memang untuk ajang unjuk gigi bagi produsen bus," ucap Director GEM Indonesia, Baki Lee di acara press conference Busworld, Selasa (20/9/2022).

Pada pameran kali ini, pengembangan ekosistem kendaraan listrik jadi salah satu fokus pemerintah. Tujuannya tentu untuk mengurangi efek rumah kaca dan menjadikan lingkungan lebih hijau.

Terbukti dari bus dalam kota dan Bus Rapid Transit (BRT) yang saat ini mulai menggunakan model listrik berbasis baterai. Contohnya seperti di Transjakarta yang sudah mengoperasikan lebih dar 30 bus listrik.

“Busworld Southeast Asia 2022 akan memberikan berbagai kejutan kepada seluruh pengunjung. Para peserta pameran akan meluncurkan produk terbaru mereka, baik bus listrik, bus premium, agen perjalanan, pusat rental kendaraan, serta perusahaan-perusahaan yang membutuhkan armada bus,” jelas dia.

Selain itu, Baki memprediksi bahwa Pameran Busworld Southeast Asia 2022 ini nantinya mampu menciptakan transaksi Rp3-4 triliun.

“Untuk Busworld sendiri karena ini pameran untuk B2B (business to business), jadi untuk melihat angka transaksi itu tidak mudah, tidak seperti menjual mobil atau motor. Perkiraan kami, satu event bisa sampai Rp 3-4 triliun, melihat dari jumlah bus yang deal dipesan untuk 1-2 tahun ke depan. Sekali event bisa dapat deal minimal 400-500 unit,” papar Baki Lee.

Selama pelaksanaan pameran, Busworld SEA 2022 Conference akan dilaksanakan bersamaan selama 2 hari, dan akan memberikan edukasi mengenai "ADAPTASI SISTEM BUS UNTUK SETELAH ERA PANDEMI" dan "IMPLEMENTASI BUS NOL EMISI DI ASIA TENGGARA".

Pihak panitia juga akan mengadakan malam penganugerahan untuk The Most Fovourite Bus dan The Most Innovative Bus dari Pilihan Para Pengunjung. Pendaftaran dapat dilakukan langsung ke https://www.busworldsoutheastasia.org/ dan tidak dipungut biaya apapun. Bagi para professional yang berminat, silahkan segera mendaftar karena tempat yang terbatas.

Pameran Busworld SEA 2022 akan diikuti oleh beberapa karoseri nasional ternama, seperti Adiputro, Laksana, New Armada dan Tentrem, serta perusahaan bus ternama dari luar negeri seperti Lhongtong dan Golden Dragon. Serta tidak ketingggalan komponen pendukung bus baik dari dalam maupun luar negeri juga ikut meramaikan pada Oktober nanti.

Selain itu, pameran ini diprediksikan akan menghadirkan lebih dari 15,000 pengunjung baik dalam maupun luar negeri dari berbagai latar belakang seperti operator bus, agen perjalanan, pusat rental kendaraan dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan armada bus.

Tag : #Jakarta    #Busworld International    #Metropolitan    #Global Expo Management   

Baca Juga