Bus Terbakar di Jambi (dok: MPI/Azhari Sultan)

Bus Jurusan Medan Palembang Hangus Terbakar di Tanjakan Sinaga Jambi

Rini | Nasional | 18-01-2022

PARBOABOA, Jambi - Video kebakaran sebuah Bus milik PT Rapi viral di media sosial TikTok. Video yang diunggah pemilik akun bernama @juanseptiantariga menunjukkan, sebuah bus dalam keadaan hangus di kawasan Tanjakan Sinaga, Jalan Lintas Timur Sumatera, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Jambi.

Kebakaran bus jenis Merzedes Benz Plat BK 7363 LD yang berangkat dari Medan menuju Palembang tersebut sontak mengundang kehebohan dari masyarakat sekitar dan pengendara yang kebetulan melintas.

Menurut keterangan dari Kapolres Tanjab Barat, AKBP Muharman Arta, belum dipastikan mengenai penyebab kebakaran tersebut, namun diduga api muncul akibat bahan bakar yang bocor dari tangki bus.

Awalnya penumpang di dalam bus mengeluhkan adanya bau terbakar dari belakang mobil, sehingga sopir bus yang bernama Ilham Hutasuhut (42) memelankan laju kendaraan. Saat tiba di lokasi kejadian, kernet bus melihat ada api dari tangki.

Sopir kemudian bertindak cepat menghentikan bus yang dibawanya dan mengevakuasi seluruh penumpang, beserta barang bawaan keluar dari dalam bus.

"Jadi Pada pukul 14.45 WIB berdasarkan keterangan supir, penumpang mencium bau terbakar dari belakang mobil dan pengemudi mengurangi laju kendaraan serta akhirnya diberhentikan di Tanjakan Sinaga," Ujar Kapolres, Senin (17/1).

Tak berselang lama api kemudian menjalar dan membakar seluruh bagian dari bus tersebut.

Kejadian tersebut sempat membuat lalu lintas di Jalur Lintas Jambi-Riau, hingga beberapa saat kemudian arus lalu lintas kembali lancar.

Para penumpang bus tersebut akhirnya melanjutkan perjalanan dengan bus PT Rapi lainnya.

“Dekat situ kan ada pool checkpoint PT Rapi, nggak lama langsung ganti bus baru dan penumpang langsung melanjutkan perjalanan,” ujar Muharman.

Tag : #kebakaran    #bus terbakar    #jambi    #nasional   

Baca Juga