Ilustrasi aksi demo buruh. (Foto: Parboaboa/Michael S)

Buruh Kembali Demo Tolak BBM Naik di Patung Kuda Jakarta

Desy | Metropolitan | 22-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Sejumlah buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin (FSP LEM) serta Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) melakukan aksi demo tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (22/09/2022) dimulai sekitar pukul 12.20 WIB siang.

Dengan membawa sejumlah atribut, demo didominasi oleh Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin (FSP LEM) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Meski sempat diguyur hujan selama kurang lebih tiga puluh menit, massa tetap melanjutkan orasi dan membakar semangat dengan menyanyikan beberapa lagu.

Untuk itu, aparat polisi menutup Jalan Merdeka Barat dengan memasang penghalang berupa beton separator sebagai antisipasi.

Bersamaan dengan itu, massa nakes dan non-nakes yang menuntut Presiden Joko Widodo untuk segera menerbitkan Peraturan Presiden (PP) untuk mengangkat pegawai honorer menjadi ASN masih berkumpul untuk menunggu perwakilan Forum Komunikasi Honorer Nakes dan Non-Nakes (FKHN) yang tengah melakukan audiensi di Istana Kepresidenan.

"Untuk saat ini kita baru diterima oleh Staf Presiden dan mungkin tindak lanjutnya mudah-mudahan Presiden sendiri bisa langsung nerima kami," kata koordinator lapangan aksi Idang Munawar, Kamis (22/9).

Idang berharap dengan diterimanya perwakilan massa, Presiden Jokowi menerbitkan aturan yang mempermudah nakes honorer menjadi ASN.

"Kami memohon kepada Presiden Jokowi agar segera menerbitkan peraturan pemerintah dan lain sebagainya sehingga mempermudah jalan kami untuk menjadi ASN atau P3K. Yang kedua, kami menuntut adanya regulasi afirmasi sehingga adanya regulasi afirmasi tersebut akan memudahkan kami untuk menjadi ASN atau P3K," sambungnya.

Tag : #jokowi    #demo buruh    #metropolitan    #spsi    #fsplem    #bbm   

Baca Juga