Foto: Arie Pratama

BSU Tahap 4 Cair Hari Ini, ada 1.2 Juta Penerima Yang Memenuhi Syarat

Rendi Ilhami | Ekonomi | 03-10-2022

PARBOABOA, Jakarta - Bantuan Sosial Upah (BSU) tahap 4 senilai Rp600 ribu cair kepada 1,2 juta penerima, Senin (03/10/2022).

Dalam pencairan tahap 4 ini, Kementerian Ketenagakerjaan menerima data 1,5 juta calon penerima BSU dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Namun setelah dilakukan pemadanan data,  hanya 1.2 juta penerima yang memenuhi syarat. 

“Secara detail kami telah menerima data BSU tahap keempat, kami padankan. Jumlah tersebut kan kemudian berkurang, kalau nggak salah dari 1,5 juta yang kami peroleh, 1,2 juta yang sudah clean dari pemadanan nggak ada persoalan,” ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi pada Jumat (30/09/2022).

Sebelumnya, BSU tahap I telah disalurkan kepada 4.112.052 pekerja. Kemudian, BSU tahap II telah disalurkan kepada 1.607.776 pekerja, sedangkan BSU tahap III telah disalurkan kepada 1.357.722 orang. Secara keseluruhan, sebanyak 7.077.550 pekerja telah menerima bantuan tersebut.

Penyaluran BSU disalurkan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia dan dilakukan secara bertahap. Masyarakat yang memenuhi syarat bisa mengecek penerima BSU tahap 4 melalui laman BSU BPJS Ketenagakerjaan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Akses laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

2. Selanjutnya isi data diri berupa NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Nomor Handphone Terkini, dan Email. Pastikan nomor HP dan email benar agar bisa mendapatkan informasi terkait penyaluran BSU.

3. Setelah mengisi data, silakan klik Lanjutkan.

4. Terakhir, notifikasi pada layar akan muncul yang menunjukkan apakah Anda termasuk sebagai penerima BSU atau tidak.

Selain melalui laman BPJS Ketenagakerjaan, untuk bisa mengecek penerima BSU dapat dilakukan lewat laman Kemnaker. Berikut ini caranya.

1. Akses laman https://kemnaker.go.id/

2. Kemudian apabila belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu

3. Lengkapi pendaftaran akun

4. Selanjutnya aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone,

5. Namun, jika sudah punya akun silahkan langsung login ke akun SIAP kerja

6. Jika biodata belum lengkap, segera lengkapi profil biodata diri

7. Setelah itu, cek notifikasi.

Tag : #BSU    #BSU tahap 4    #Ekonomi    #BSU cair    #BSU 600 ribu    #BLT    #Cek BSU    #Daftar BSU   

Baca Juga