BPBD DKI: Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta hingga 13 Desember 2022

Penulis : Maharani | Metropolitan | 06-12-2022

Ilustrasi. BPBD DKI mengeluarkan himbauan kepada masyarakat di wilayah pesisir utara Jakarta agar waspada terhadap banjir rob. (Foto: Istock/Algi Febri)

PARBOABOA, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan himbauan untuk masyarakat yang berada di wilayah pesisir utara Jakarta, agar waspada terhadap banjir pesisir (Rob) mulai 6-13 Desember 2022.

Hal ini dikatakan oleh BPBD DKI berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Priok, tentang peringatan potensi banjir rob akibat adanya aktivitas pasang air laut.

Pasalnya, aktivitas pasang surut air laut pada 6-13 Desember 2022 itu juga bersamaan dengan terjadinya fase bulan purnama yang mempengaruhi dinamika pesisir pantai dan berpotensi menyebabkan banjir rob.

“Berdasarkan aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama mempengaruhi dinamika pesisir yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (Rob) pada pukul 08.00-12.00 WIB,” tulis BPBD DKI melalui akun Instagram @bpbddkijakarta, dikutip Selasa (06/12/2022).

BPBD DKI menyebutkan sejumlah wilayah di pesisir utara yang berpotensi terdampak oleh banjir rob tersebut, di antaranya yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.

“Diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir,” jelasnya.

Lebih lanjut, BPBD DKI meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus memantau informasi terbaru mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Kemudian, apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, masyarakat diharapkan segera menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

Editor : -

Tag : #bpbd dki    #wilayah pesisir    #metropolitan    #pesisir utara jakarta    #waspada    #banjir rob    #banjir pesisir    #desember 2022   

Baca Juga