Ilustrasi box motor (Foto: MCN)

Ingat! Box Motor Ternyata Tak Boleh Dipakai Bersandar

Juni | Otomotif | 21-11-2022

PARBOABOA – Box motor merupakan aksesoris yang berfungsi untuk menambah tempat penyimpanan. Umumnya, top box ini ditopang oleh bracket yang dipasang ke sasis atu frame sepeda motor.

Lantas, amankah jika box motor ini digunakan untuk bersandar? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Menurut Shad Indonesia, hadirnya box dengan tambahan berupa back rest memang secara tak langsung memberi peluang untuk bersandar.

Namun jika dipakai bersandar dalam waktu yang lama, dikhawatirkan bagian bracket, baut, dan frame akan bermasalah.

"Kan kita setiap box-nya Shad kan, kita punya back rest atau busa sandaran. Jadi orang itu terkadang berpikir, 'wah ini enak nih bisa senderan, bisa rebahan, segala macam', kan. Sebenarnya kalau secara top box-nya sendiri itu nggak ada masalah," kata Sales Department Shad Indonesia Syahriel Andriansyah, dilansir dari detikOto.

"Jadi kalau untuk disenderin dalam waktu yang lama, kita sih sebenarnya nggak merekomendasi. Cuma kalau untuk sekali-sekali doang mah, nggak masalah. Kalau untuk lama sih, tiap kali naik motor senderan, kita takutnya pasti kenanya itu di bracket atau baut ke frame motornya," imbuhnya.

Syahriel menjelaskan bahwa back rest berguna sebagai alas agar punggung tidak langsung bersentuhan dengan bagian yang keras dari box motor.

"Sebenarnya backrest itu sendiri dibuat untuk menyanggah punggung kita biar nggak kena bagian-bagian, di box itu kayak misalnya engsel atau segala macam, yang lumayan sakit kalau kena punggung," pungkasnya.

Tag : #motor    #box motor    #otomotif    #modifikasi    #tips   

Baca Juga