BMKG imbau warga Sumut waspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang (Foto: Liputan6)

BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Dimas | Daerah | 29-09-2022

PARBOABOA, Medan – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat di wilayah Sumatera Utara agar waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Lereng Timur, Pesisir Barat, Lereng Barat, dan pegunungan di Sumatera Utara," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha R. Manurung di Medan, dikutip dari Antara, Kamis(29/9).

Martha mengungkapkan bahwa secara umum cuaca di Sumut pada siang hingga sore hari dalam dua hari ke depan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Kondisi ini berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Sumut, yakni Langkat, Karo, Binjai, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Medan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Sibolga, Kep, Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, Simalungun, Samosir dan sekitarnya.

Selain itu, Martha juga menuturkan bahwa beberapa wilayah di Sumut, seperti Langkat, Karo, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, T. Tinggi, Asahan, Toba, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, dan sekitarnya  juga berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat.

Sedangkan untuk dini hari, sebagian wilayah pesisir timur Sumut berpotensi berawan hingga hujan dengan intensitas sedang. "Suhu udara rata-rata 16.0 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam," tuturnya.

Tag : #sumatera utara    #bmkg    #daerah    #prakiraan cuaca    #angin kencang    #berita sumut   

Baca Juga