Makanan Tersehat di Dunia (Foto:Michael Stern/Flickr)

Kaya akan Vitamin, Berikut 5 Makanan Tersehat di Dunia

Ester | Kesehatan | 01-10-2022

PARBOABOA – Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki siapa saja saat ini. Untuk itu, banyak orang yang melakukan segala cara agar mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit.

Selain didapatkan dari rajin melakukan aktifitas fisik, tentu tubuh yang sehat juga didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan-makanan tersehat agar tubuh dapat fit dan terhindar dari penyakit.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan daftar makanan tersehat di dunia yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan tersehat di bawah ini tentu dianjutkan untuk kamu konsumsi minimal 1x sehari guna memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Makanan tersehat apakah itu? Simak ulasan berikut sampai habis untuk mengetahuinya.

1. Bayam

Daftar makanan tersehat yang pertama adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran yang sudah dikenal dengan kandungan folic acid di dalamnya. Kandungan ini sering dijadikan sebagai suplemen untuk ibu-ibu hamil dalam mencegah kecacatan pada bayi.

Selain itu, bayam juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin K untuk kesehatan tulang, vitamin A untuk Kesehatan mata, vitamin C untuk sistem imun tubuh, dan masih banyak lagi. Tidak heran mengapa bayam dijadikan sebagai makanan tersehat di dunia.

2. Kentang

Selanjutnya adalah kentang. Orang Indonesia tentu sudah sangat familiar dengan salah satu sumber karbohidrat tinggi ini. Hampir seluruh masakan memiliki komposisi kentang di dalamnya. Kentah dikenal sebagai salah satu makanan tersehat di dunia karena banyaknya nutrisi baik di dalamnya.

Salah satu dari manfaat yang dapat diperoleh dari kentang adalah, kentang dapat mencegah penyakit batu ginjal di dalam sistem jaringan tubuh. Kentang juga memiliki vitamin B6 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang cukup sering kita temui bahkan konsumsi sehari-hari. Saking seringnya, banyak orang mengolah buah pisang menjadi berbagai macam makanan lainnya seperti goreng pisang, pancake pisang, dan lain sebagainya.

Selain dikenal dengan tekstur lembutnya, pisang juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Di dalam pisang terdapat kalium tinggi yang baik untuk Kesehatan fungsi saraf dan mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi juga mampu menjaga kekebalan tubuh serta membantu proses metabolisme.

4. Dark Chocolate

Siapa sangka jika dark chocolate atau cokelat hitam menjadi salah satu makanan tersehat di dunia saat ini. Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dimana kandungan ini mampu meingkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, cokelat hitam juga mampu menghasilkan endorphin yang mampu membuat pikiran dan perasaan menjadi tenang. Tidak heran mengapa banyak orang sangat menyukai cokelat.

5. Bawang Putih

Meski bawang putih sering dijadikan sebagai bahan masakan, namun ternyata bawang putih menjadi salah satu makanan tersehat saat ini. Bawang putih dikenal memiliki senyawa bernama diallyl trisulfide yang mampu mengobati jantung.

Selain itu, senyawa ini juga mampu melawan bakteri penyebab infeksi pada saluran pencernaan. Terdapat pula senyawa organo sulfur yang dikenal baik untuk melawan sel kanker dalam otak. Jadi, tidak heran mengapa bwang putih menjadi salah satu makanan tersehat di dunia.

Tag : #makanan    #tersehat    #kesehatan    #gizi    #bayam    #kentang    #vitamin   

Baca Juga