Presiden Joko Widodo menyolatkan jenazah Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, pada Jumat, 27 Mei 2022 (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Berikan Penghormatan Terakhir, Jokowi Ikut Salat Jenazah Buya Syafii

Wulan | Nasional | 27-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti prosesi salat jenazah Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta pada Jumat (27/5/2022).

Jokowi beserta rombongannya bertolak dari Istana Merdeka sekitar pukul 12.30 WIB dan tiba dilokasi sekitar pukul 15.00 WIB. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat mengenakan kemeja putih, berpeci hitam dan tak lupa mengenakan masker berwarna coklat.

Selain Jokowi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan jemaah lain juga ikut menyolatkan Buya Syafii.

Dalam video yang disiarkan Muhammadiyah TV, Tvmu, Haedar Nashir selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah terlihat memimpin prosesi salat jenazah dengan menjadi imam.

Setelah Salat Ashar, Buya Syafii rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah Husnul Khotimah yang terletak di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Buya Syafii sebelumnya dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, karena mengalami serangan jantung ringan. Kondisinya pun sempat membaik sehingga Buya Syafii diizinkan pulang ke rumah pada akhir Maret 2022. Saat itu Jokowi juga menjenguk Buya Syafii dan juga didampingi Nashir, namun pada pertengahan Mei 2022, Buya kembali masuk rumah sakit.

Sejumlah pihak pun berduka atas kepergian Buya Syafii. Presiden Jokowi juga menyebut Buya Syafii adalah sosok cendekiawan muslim dan tokoh bangsa yang dicintai.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut almarhum sebagai sosok yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral etika, akhlak, keadaban mulia dan juga figur humanis yang dekat dengan orang-orang kecil.

Tag : #jokowi    #buya syafii    #nasional    #buya syafii meninggal dunia    #salat jenazah buya syafii maarif    #haedar nashir   

Baca Juga