ilustrasi

Belum Vaksin? Gini Nih Cara Daftar Vaksin Online Lewat JAKI dan VaksinLoket

sondang | Teknologi | 04-09-2021

PARBOABOA, Jakarta - Pendaftaran vaksin Covid dibuka untuk masyarakat umum dan bisa dilakukan secara online. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir warga yang belum terdata dalam program vaksinasi pemerintah.

Dengan pendaftaran vaksin Covid via online, masyarakat bisa memilih sendiri tanggal maupun lokasi penyuntikan vaksinasi sesuai keinginan. Namun begitu, pendaftar vaksin tak bisa memilih jenis vaksinnya.

Cara daftar vaksin online tidak hanya melalui aplikasi Pedulilindungi, tetapi bisa juga lewat situs JAKI dan VaksinLoket. Khusus untuk warga di wilayah DKI Jakarta berusia 12 tahun ke atas, dapat mendaftar online lewat situs JAKI.

Cara daftar vaksin online melalui situs JAKI:

- Klik tautan https://corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi

- Setelah halaman website tampil, pilih menu daftar vaksinasi

- Isi data nomor induk kependudukan (NIK) serta nama lengkap sesuai identitas yang terdaftar di dinas catatan sipil

- Masukkan jadwal vaksin, identitas diri sesuai KTP, dan kategori, kemudian tuntaskan tahapan pengisiannya

- Jika sudah lengkap, maka proses pendaftaran pun selesai.

Selain JAKI, ada yang namanya VaksinLoket dan sudah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menjadi platform resmi untuk penjadwalan vaksin gratis secara online.

VaksinLoket menyediakan pilihan lokasi vaksin yang dapat disesuaikan dengan tempat tinggal Anda, yakni di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara.

Selain wilayah Jakarta, masyarakat juga bisa menyesuaikan dengan wilayah lain, seperti Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Cara daftar vaksin online melalui VaksinLoket:

- Buka laman resmi https://vaksin.loket.com, kemudian pilih daftar sekarang

- Pilih lokasi yang ingin dipilih sebagai lokasi vaksinasi, disarankan pilih yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal

- Pilih juga tanggal dan jam kedatangan yang diinginkan

- Untuk pendaftaran vaksin Covid, lakukan pengisian data secara lengkap sesuai identitas diri

- Jika sudah lengkap, maka proses pendaftaran pun selesai. Anda akan menerima formulir dan e-voucher pada email yang sudah daftarkan sebelumnya.

Perlu diingat, keberadaan vaksin bukan berarti pandemi telah berakhir. Sebelumnya, WHO juga mengungkapkan hal yang sama bahwa dengan hadirnya vaksin maka tak berarti nol kasus Covid-19.

Sebab, vaksin bukan senjata untuk kebal Covid-19, melainkan membantu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak bergejala parah atau hingga dirawat ke rumah sakit ketika tertular Covid-19.

Bagaimana pun setelah melakukan vaksin, setiap orang tetap harus melakukan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Tag : tutorial,covid19,teknologi,nasional

Berita Terkait