Viral, Begini Kisah Tragis Upin Ipin Hingga Kuburannya

Penulis : Sondang | Hiburan | 17-01-2022

Animasi Upin Ipin

PARBOABOA, Siantar – Warganet tengah dihebohkan dengan dua bocil di kartun “Upin & Ipin”. Hal ini disebabkan oleh seorang pengguna TikTok yang membagikan kisah tragis dari sejumlah tokoh di kartun tersebut.

Dalam video yang dibagikan, ia menjelaskan mengapa upin dan ipin tidak pernah dewasa. Itu karena kedua bocah ini telah meninggal dunia di usia yang masih kecil.

"Pantesan nggak pernah gede, ternyata kisah berdasarkan khayalan opa 10 tahun lalu," demikian keterangan video yang ditulis @nenk_update.

Sebelum bercerita, pengunggah memperlihatkan dua kuburan dengan ubin berwarna biru. Di sana, tertulis nama upin yang meninggal pada 6 Agustus 1996 dan Ipin pada 2 April 1996. Kuburan tersebut ditemukan di Palu, Sulawesi.

Pada suatu hari, Upin dan Ipin beserta keluarganya hendak pergi untuk menikmati liburan. Namun nahas, mereka mengalami kecelakaan di tengah perjalanan yang mengakibatkan kedua orangtuanya meninggal di tempat.

"Jadi Upin dan Ipin adalah satu keluarga yang mengalami tragedi kecelakaan ketika sedang berlibur," tuturnya.

Tak hanya itu, kecelakaan ini membuat si kembar Upin Ipin pun mengalami koma. Upin kemudian meninggal dan disusul oleh Ipin setelah beberapa bulan.

"Sedangkan si Ipin, dia mengalami koma dan meninggal setelah beberapa bulan," kata si pengunggah.

Upin dan Ipin kemudian dikubur di samping kedua orangtuanya. Namun tidak tersorot kamera karena pengunggah hanya fokus kepada kedua bocah malang tersebut.

Meski demikian, Kak Ros dan Opah berhasil selamat dari kecelakaan tersebut. Tetapi, Kak Ros sangat terpukul dengan kepulangan adik-adiknya hingga dirinya mengalami trauma berat dan berhalusinasi.

Bahkan, pengunggah sempat memperlihatkan foto masa kecil Kak Rose sekaligus rumah asli Upin dan Ipin yang sudah direnovasi.

"Ka Rose trauma, dia nggak percaya kalau adiknya meninggal. Dia berhalusinasi Upin dan Ipin masih hidup," ujarnya.

Penggunggah menyebut, Upin dan Ipin merupakan tokoh nyata dari Indonesia. Kisah mereka kemudian diangkat menjadi kartu oleh orang Malaysia untuk menghormati keluarga mereka.

Ada juga yang mengatakan bahwa cerita perjalanan Upin dan Ipin berdasarkan khayalan sang nenek atau biasa dipanggil "Opah".

Bahkan, Upin dan Ipin sebenarnya memiliki nama lain yakni Arafin dan Arufin. Hal ini pun menjadi masuk akal karena keduanya tidak pernah tumbuh besar.

Meskipun kebenarannya masih simpang siur, sebagian warganet merasa sedih dan sempat menyampaikan empatinya terhadap cerita tersebut.

Jadi, apakah cerita tersebut benar-benar nyata?

Les’ Copaque selaku rumah produksi animasi Upin dan Ipin pun buka suara. Ia menentang bahwa kisah tersebut tidak diambil dari kisah siapapun.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinspirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," jelas rumah produksi animasi tersebut, Les' Copaque melalui akun Twitter @lescopaque pada Senin (17/1).

Haji Burhanuddin, Pengarah Urusan Les' Copaque Production yang juga pelakon suara Atok Dalang juga merespons kabar tersebut melalui akun Twitter miliknya.

"Upin Ipin meninggal? Untuk semua penggemar Upin Ipin. Jangan khawatir mereka selalu sehat dan akan muncul bersama teman-temannya di musim baru. Ini akan lebih menarik dan standar animasi telah meningkat pesat," tulisnya melalui akun Twitter Hjburhan Radzi @atokranggi98.

Editor : -

. Tag : #upin dan ipin    #viral    #tiktok    #hiburan   

Baca Juga