Banjir di Sergai Meluas, BPBD Kesulitan Evakuasi Warga

Dimas | Daerah | 16-11-2022

banjir di Kabupaten Serdang Bedagai semakin meluas (Foto: iNews Sumut)

PARBOABOA, Serdang Bedagai – Banjir yang melanda Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
(Sumut) Kian meluas. Saat ini, pemukiman warga di enam kecamatan dilaporkan telah terendam air.

"Sejauh ini banjir sudah meluas di 6 kecamatan seperti, Sei Bamban, Dolok Masihul, Tanjung Beringin, Sei Rampah, Sipispis, dan Kecamatan Tebingtinggi. Saat ini banjir melanda 3.369 Kepala Keluarga dan berdampak pada 13.294 jiwa," ujar Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdangbedagai, Frits Ueki Prapanca Damanik, dikutip dari Tribun Medan, Rabu (16/11/2022).

Frits mengatakan, BPBD bakal terus melakukan pemantauan serta evakuasi terhadap warga yang terdampak. Namun, saat ini pihaknya mengalami sedikit kendala dalam mengevakuasi warga lantaran kekurangan perahu karet.

Ia mengatakan, BPBD akan segera melakukan koordinasi dengan sejumlah kepala daerah termasuk Provinsi Sumut untuk menyelesaikan kendala tersebut.

"Untuk tenda pengungsian terus kita dirikan di lokasi banjir. Memang sejauh ini kita mengalami kendala terbatasnya perahu karet untuk proses evakuasi warga. Tapi kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah lain dan pemerintah atasan," kata dia.

Di sejumlah titik, ucap Frits, air telah berangsur-angsur surut. Akan tetapi, ketinggian air khususnya di Kecamatan Sei Rampah masih terus mengalami peningkatan. Hal itu karena Sungai Bedagai sampai saat masih terus meluap.

Oleh karena itu, BPBD mengimbau masyarakat agar tetap waspada, terutama bagi para warga yang tinggal di bantaran sungai.

"Memang kondisi hujan kemungkinan masih terjadi. Untuk itu, kita mengimbau masyarakat agar tetap waspada jika ada banjir susulan yang terjadi," pungkasnya.

Tag : #serdang bedagai    #banjir    #daerah    #bpbd    #perahu karet    #evakuasi    #pemprov sumut    #berita sumut   

Baca Juga