Cara Menghitung Persen dengan Rumus, Kalkulator, Excel, dan Spreadsheet (Foto: Parboaboa/Faulan)

Cara Menghitung Persen dengan Rumus, Kalkulator, Excel, dan Spreadsheet

Faulan | Pendidikan | 30-09-2022

PARBOABOA - Menghitung persentase cukup sering kita jumpai sehari hari, seperti diskon di tempat belanja, diskon transaksi belanja, dan sebagainya.

Dengan mengetahui besaran persentase akan membantu seseorang mengetahui nilai dari data atau hasil yang dihitung. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghitung persentase dengan benar.

Lalu bagaimana cara menghitung persen dengan menggunakan rumus, kalkulator, excel, dan juga spreadsheet? Sebelum menghitung besaran persen, sebaiknya anda mengetahui penjelasan mengenai persen. Yuk simak ulasan artikel berikut ini.

Pengertian Persen

Persentase adalah suatu bentuk bilangan yang menyatakan sebagian atau seluruh suatu nilai atau barang dengan membentuk perbandingan 1:100.

Nilai persentase tertinggi adalah tak terhingga dan terendah adalah 0%. Satuan persen tidak bisa bernilai dibawah nilai 0% atau negatif.

Bilangan persen ini berasal dari bangsa Romawi kuno yang memungut pajak dari lelang dengan tarif 1/100 dari harga lelang, atau dalam bahasa latin disebut centesima rerum venalium.

Persentase pada dasarnya termasuk dalam materi perhitungan dan matematika. Dan masih banyak yang merasa kesulitan untuk mempelajari materi ini.

Cara Menghitung Persen

Persentase pada dasarnya adalah suatu bentuk bilangan yang mewakili bagian dari total data yang ada. Ukuran perbandingan yang digunakan dalam persen adalah perseratus dengan simbol ‘%’.

Rumus Menghitung Persen

Rumus untuk untuk menghitung besar persentase (%) adalah dengan membagikan jumlah bagian dengan jumlah total lalu dikalikan dengan 100%.

Atau dapat ditulis dengan rumus: Persentase (%) = jumlah bagian / jumlah total x 100%.

Jadi misalnya terdapat 50 orang di dalam suatu kelas, kemudian 5 orang pergi keluar kelas. Lalu cara menghitung persen dari jumlah total orang yang keluar dari kelas tersebut bagaimana?

Kita bisa menghitungnya dengan membagikan 5 dengan 50, kemudian dikalikan dengan 100%. Sehingga didapatkan 5/50 x 100% = 10%. Jadi jumlah orang yang keluar kelas sebesar 10%.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Untuk menghitung nilai persen menggunakan kalkulator cukup mudah. Prinsip untuk menghitungnya pun hampir sama dengan cara di atas. Untuk mengetahui jumlah persen dari suatu jumlah tertentu dapat dilakukan dengan cara berikut.

Misalkan anda ingin menghitung berapa persen nilai 20 dari jumlah total 160. Maka anda hanya perlu melakukan langkah berikut.

  1. Pertama adalah tuliskan dahulu nilai yang menjadi sampelnya, dalam hal ini adalah 20.
  2. Lalu bagikan dengan jumlah total yaitu adalah 160
  3. Kemudian dikalikan dengan 100
  4. Langkah terakhir adalah dengan menekan lambang ‘=’
  5. Nilainya akan muncul di layar kalkulator anda

anda dapat melakukan cara yang sama dengan yang ada di atas dengan menggunakan kalkulator hp anda.

Cara Menghitung Persen di Excel

Salah satu aplikasi dari Microsoft ini akan sangat berguna untuk melakukan perhitungan numerik dan membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan hasil yang akurat.

Sebagai software atau aplikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia kerja, Microsoft Excel bahkan menjadi syarat wajib untuk profesi tertentu.

Untuk menghitung nilai excel dapat dilakukan dengan klik ikon ‘%’ di dalam cell yang dipilih. Atau anda dapat menggunakan shortcut dengan menekan Ctrl+Shift+% pada keyboard anda.

Selain cara diatas anda juga dapat menggunakan cara berikut untuk menghitung nilai persen.

  • Klik tanda kecil di samping menu Number
  • Setelah kotak dialog Format cells terbuka, pilih Number pada bagian atas panel
  • Klik Percentage yang berada di sebelah kiri untuk mengaktifkan fitur persentase
  • Kemudian klik tombol OK.

Cara Menghitung Nilai Persen di Spreadsheet

Untuk menghitung persen di spreadsheet, cara yang harus dilakukan cukup mudah. Misal anda ingin menghitung berapa persen nilai 4 berada di sel B1 dan totalnya senilai 32 berada di kolom B7. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

  • Pertama ketikkan ‘=’ di sel yang akan menjadi nilai persentase
  • Kemudian klik nilai yang akan menjadi sampel, dalam hal ini adalah sel B1
  • Lalu klik kolom yang akan menjadi nilai total yaitu sel B7
  • Klik simbol % yang berada di menu bar

Itulah pembahasan seputar persentase, dimulai dari pengertian persen, rumus menghitungnya, hingga cara menghitung nilai persen di aplikasi microsoft excel dan juga google spreadsheet.

Tag : #persen    #menghitung persen    #pendidikan    #cara    #rumus   

Baca Juga