Atap Ruang Kelas SDN Bantarjati 9 di Kota Bogor Ambruk

Maesa | Metropolitan | 25-11-2022

Atap ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 9 di Kota Bogor, Jawa Barat, yang ambruk, Jumat (25/11/2022). (Foto: Liputan6/Achmad Sudarmo)

PARBOABOA, Jakarta – Atap ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 9 di Kota Bogor, Jawa Barat, ambruk untuk kedua kalinya, Jumat (25/11/2022) pukul 12.09 WIB.

"Jadi ini sebenarnya kejadian kedua. Pada Sabtu lalu itu kan ambruk cuma plafonnya saja sebagian di ruang kelas. Nah, hari ini tadi pukul 12.09 WIB saat bapak-bapak guru di sini sedang salat Jumat, ambruk lagi," kata Plt Kepala SDN Bantarjati 9 Suci Iriyani saat ditemui di lokasi, Jumat (25/11/2022).

"Jadi sekarang ambruk semua, termasuk genting dan kayu-kayu atas. Semuanya ambruk. Kejadian ini tentunya memperparah kerusakan yang kemarin. Ambruk semua atapnya," tambahnya

Menurut Suci, atap ruang kelas tersebut ambruk karena penyangga bangunan yang terbuat dari material kayu sudah lapuk termakan usia.

"Kayunya sudah keropos. Ditambah lagi waktu awal kejadian plafon ambruk banyak genteng merosot. Karena air masuk kena kayu, bebannya semakin berat jadi semua ambruk," terangnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ambruknya atap sekolah itu. Karena saat kejadian, ruangan tersebut dalam keadaan kosong. Imbasnya, para siswa diharuskan bergantian untuk menggunakan ruangan yang tersisa.

"Kita kondisinya dengan ruangan yang kita punya ada 10, seharusnya 13, satu kelas rusak dan dua kelas tidak digunakan khawatir ambruk akan terbawa, jadi diatur strateginya ada yang masuk pagi dan siang," ungkapnya.

"Saya akan buat surat edaran, nanti disampaikan ke orang tua," tandasnya.

Tag : #atap kelas ambruk    #sdn bantarjati    #metropolitan    #bogor    #jawa barat    #sarana pendidikan   

Baca Juga