Arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah, dan Syafahullah (Foto : islam.nu.or.id)

Arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah, dan Syafahullah

Halima | Pendidikan | 21-11-2022

PARBOABOA - Apa arti syafakillah? Syafakillah adalah doa untuk orang sakit dalam agam islam. Bertema mengharapkan kesembuhan orang lain yang sedang sakit, kita juga kerap mendengar istilah Syafakallah, Syafahallah dan Syafahullah yang memiliki arti yang sama dengan syafakillah.

Agama islam mengajarkan agar memiliki rasa kebersamaan, perilaku yang peduli dengan sesama, serta mendoakan orang yang lagi sakit.

Berbagai halangan bisa terjadi disaat hendak menjenguk orang yang lagi sakit. Sehingga tidak bisa menjenguk secara langsung. Tapi bisa mengirimkan banyak doa dan ucapan penyemangat lainnya seperti Syafallah, dan Syafahullah.

Jika bisa bertatap muka atau bertemu secara langsung menggunakan kata penyemangat seperti syafakillah dan syafakallah.

Terdapat perpedaan dari keempat sebutan tersebut, apa perbedaannya? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan Syafakillah, Syafakallah, Syafallah dan dan Syafahullah

Ucapan syafakallah atau syafakillah artinya bagian dari doa untuk orang sakit dan memohon kesembuhan dari yang maha kuasa secara langsung. Maksud dari kata secara langsung disini adalah, orang yang melihat langsung orang yang sedang sakit, lalu mendoakannya dengan menyebut syafakillah dan syafakallah.

Perbedaan syafakillah dengan syafakallah adalah terletak pada laki-laki atau perempuan yang sakit. Jika yang sakit adalah laki-laki, maka digunakan syafakallah, jika yang sakit perempuan maka digunakan syafakillah.

Sedangkan yang dimaksud dengan kata Syafahullah (untuk lelaki) dan Syafahallah (untuk perempuan) ucapan untuk diberikan saat sedang berjauhan. Semisal seorang anak yang sedang berada dalam perantauan dan mendengar kabar mengenai ibunya yang berada di kampung halaman sedang jatuh sakit. Jikalau si anak tersebut mendoakan sang ibu melalui telepon atau media sosial, sebaiknya mengucapkan Syafahallah.

Berikut ini merupakan penjelasan dan contoh penggunaan keempat kata tersebut.

1. Syafakillah untuk Perempuan

Arti kata Syafakillah memiliki arti "Semoga Allah menyembuhkanmu (perempuan)". Kata Syafakillah dipakai untuk mendoakan kesembuhan bagi seorang perempuan secara langsung, baik bertatap muka maupun tidak.

Contoh 

Syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman 

Artinya: "Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya."

2. Syafakallah untuk Laki-Laki

Kata Syafakallah memiliki arti "Semoga Allah menyembuhkanmu (laki-laki)”. Kata ini dipakai untuk mendoakan kesembuhan seorang laki-laki secara langsung, baik bertatap muka maupun tidak.

Contoh 

Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman

Artinya: "Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya."

3. Syafahallah 

kata Syafahallah memiliki arti "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan)". Artinya, kata ini digunakan untuk mendoakan kesembuhan seorang perempuan secara tidak langsung kepada yang sakit.

4. Syafahullah

Syafahullah mempunyai arti “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki). Ini berarti, kata tersebut dipakai ketika mendoakan kesembuhan seorang laki-laki dengan secara tidak langsung kepada yang sakit.

Dalil Terkait Mendoakan orang Sakit

Ucapan Syafakillah dan Syafakallah sendiri diambi dari hadis sahih dan doa Nabi Muhammad saat sedang mengunjungi seseorang yang sakit.

Dalil yang terkait dalam mendoakan orang sakit ini terdapat dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 186. dalam hadis ini mejelaskan mengenai kebesaran-Nya dalam mengabulkan setiap permohonan dan doa para umat-umat-Nya yang lain.

Yang artinya : Dan apabila hamba-hambakubertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa kepadaku. Hendaklah mereka memenuhi perintahku dan beriman kepadaku, agar mereka memperoleh kebenaran. 

Demikian mengenai ucapan dan doa untuk meminta kesembuhan saudara atau teman yang sedang sakit. Semoga bermanfaat.

Tag : #pendidikan islam    #syafakillah    #pendidikan    #doa orang sakit    #syafakallah   

Baca Juga