Banjir di Jakarta

5 Aplikasi Pantau Banjir Jakarta di Android dan iOS

Wanovy | Teknologi | 07-10-2022

PARBOABOA - Aplikasi untuk pantau dan lapor banjir di Jakarta dan daerah lainnya ternyata ada banyak. Berikut ini di antaranya.

Curah hujan yang tinggi belakangan ini membuat sejumlah daerah di Jakarta banjir. Banyak yang mengeluh karena ada yang terjebak jalanan banjir sehingga tidak bisa beraktivitas maupun pulang ke rumah setelah seharian ngantor.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah 5 aplikasi yang bisa dipakai untuk memantau banjir di Jakarta dan banjir di daerah lainnya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi mengetahui jalanan mana saja yang banjir untuk menentukan jalan alternatif.

1. Google Maps

Warga bisa memantau banjir menggunakan aplikasi peta besutan Google ini. Selain menjadi sistem navigasi penunjuk arah, Google Maps juga turut memberikan informasi terkait jalan-jalan yang ditutup akibat banjir Jakarta.

Apabila pengguna membuka aplikasi Google Maps, akan muncul informasi Jakarta floods. Fitur Google Maps itu memberikan informasi daerah-daerah yang terendam.

Tak hanya itu, Google Maps juga bisa memberikan rute perjalanan alternatif bagi pengguna untuk menghindari jalan yang ditutup akibat banjir.

2. Pantau Banjir

Warga juga dapat memantau banjir di ibu kota menggunakan aplikasi Pantau Banjir yang dirilis Pemprov DKI Jakarta pada 12 Februari 2017.

Dalam aplikasi ini terdapat informasi mengenai ketinggian air di pintu air dan pos pengamatan hingga operasional pompa air secara realtime.

Aplikasi ini juga menyajikan informasi terkait laporan-laporan dari pengguna. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

3. JAKI

Aplikasi pantau banjir berikutnya yang bisa dijadikan media untuk pantau banjir Jakarta adalah JAKI.

Pasalnya JAKI merupakan sebuah aplikasi khusus yang bisa membagikan informasi seputar wilayah Jakarta.

Dari aplikasi JAKI dapat dilihat laporan-laporan dari warga yang tinggal di Jakarta. Jadi kamu bisa menerima informasi banjir Jakarta dari aplikasi JAKI.

Bahkan pengguna JAKI juga bisa mengetahui berita terupdate untuk wilayah yang sudah terdampak banjir dan titik posko banjir Jakarta.

4. Peringatan Dini Banjir Jakarta

Selain itu, ada Sistem Peringatan Dini Banjir Jakarta yang dikelola Dinas Sumber Daya Air DKI jakarta.

Aplikasi ini menampilkan informasi terkini mengenai status tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta. Fitur aplikasi juga termasuk menampilkan grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

Aplikasi tersebut juga menampilkan informasi prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek dari BMKG.

Aplikasi juga memberikan notifikasi terkait status siaga pintu air. Sesungguhnya aplikasi tak hanya menampilkan grafik muka air, tapi juga menampilkan tampilan CCTV pintu air.

5. Qlue

Qlue merupakan aplikasi multifungsi salah satunya untuk melaporkan bencana/musibah/kerusakan dan lain sebagainya kepada user lain maupun pemerintah. Kamu bisa melaporkan banjir yang terjadi di daerah sekitar rumah dengan aplikasi Qlue.

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi pantau banjir yang bisa kamu gunakan. Semoga informasi tersebut dapat membantu dan jangan lupa untuk awasi terus kondisi banjir yang mungkin saja bisa terjadi secara tiba-tiba.

Tag : #Aplikasi Pantau Banjir    #jabodetabek    #teknologi    #apps    #banjir    #jakarta   

Baca Juga