Gambar Tepung Tapioka ( Foto: boladeli)

Apakah Tepung Tapioka Sama dengan Tepung Kanji? Temukan Jawabannya Disini!

Huira | Kesehatan | 13-09-2022

PARBOABOA - Bagi kamu yang suka memasak atau membuat kue, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tepung. Tepung merupakan salah satu bahan yang cukup sering digunakan untuk memasak berbagai macam hidangan.

Namun sayangnya, masih ada banyak orang yang belum mengetahui nama yang tepat dari jenis tepung yang sedang ia gunakan. Nah, untuk kamu yang masih bertanya-tanya apakah tepung tapioka sama dengan tepung kanji, yuk simak ulasan berikut hingga tuntas untuk temukan jawabannya.

Apa Itu Tepung Tapioka?

Tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari Sari pati singkong atau ketela pohon. Nama lain tepung tapioka yakni tepung kanji dalam bahasa Jawa, dan tepung aci/sampeu dalam bahasa Sunda.

Jika dilihat secara fisik tepung tapioka memiliki tekstur yang lembut dan licin. Warnanya juga cenderung lebih putih bersih jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. Dan ketika dipegang secara sekilas, tepung kanji memiliki tekstur yang sangat mirip dengan tepung sagu, tepung beras, dan maizena.

Cara Membuat Tepung Tapioka

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tepung tapioka terbuat dari sari pati singkong. Maka untuk menghasilkan jenis tepung yang satu ini, kamu cukup memarut singkong hingga halus. Singkong yang telah diparut kemudian di saring dan didiamkan selama beberapa jam hingga pati singkong mengendap.

Jika pati telah mengendap, airnya kemudian dibuang dan pati yang masih basah dikeringkan dengan cara dijemur atau dioven. Nantinya, pati yang telah kering akan berbentuk kasar. Oleh karena itu, sebelum digunakan pati yang telah kering harus dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi tepung yang halus.

Kegunaan Tepung Tapioka

Selain berfungsi mengentalkan dan memberikan tekstur renyah pada beberapa masakan. Tepung kanji juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai macam makanan. Mulai dari kue, pempek, cimol, cireng, cilok, cenil, batagor, bakso, dan masih banyak lagi. Selain itu, tepung ini juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembutan beberapa jenis kerupuk.

Fakta Lain Seputar Tepung Tapioka

Selain beberapa penjelasan di atas, ada beberapa fakta lain mengenai tepung tapioka yang perlu untuk kamu ketahui.

1. Dapat Digantikan dengan Tepung Sagu atau Tepung Maizena

Tepung sagu atau maizena merupakan tepung pengganti tepung tapioka dalam beberapa jenis makanan. Sehingga fungsi tepung kanji untuk mengentalkan masakan seperti tumisan, sup, atau saus, juga bisa digantikan dengan tepung sagu atau maizena.

Selain itu sama seperti tepung kanji, tepung sagu dan maizena juga dapat memberikan efek renyah pada masakan yang digoreng.

2. Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan

Tepung tapioka atau tepung kanji adalah tepung yang rendah nutrium sehingga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Kandungan pati resistennya bagus untuk pencernaan. Hal ini karena pati resisten memiliki manfaat yang mirip dengan serat dalam sistem pencernaan.

Selain itu, tepung kanji juga kerap disebut sebagai tepung yang bebas gluten, sehingga tepung kanji bisa menjadi andalan untuk kamu yang sedang menjalankan diet bebas gluten.

3. Lebih Sehat Jika Dibandingkan dengan Tepung Terigu

Tidak hanya mampu mengentalkan dan memberi tekstur renyah pada masakan, tepung kanji juga tergolong lebih aman dan sehat jika dibandingkan dengan tepung terigu. Hal ini karena tepung kanji mengandung protein dalam jumlah yang sangat sedikit, sehingga tepung kanji tidak mengandung gluten.

Pada sebagian orang, gluten kurang cocok atau bahkan tidak cocok untuk dikonsumsi dan sulit untuk dicerna. Sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dengan mudah.

So, apakah tepung tapioka sama dengan tepung kanji? Jawabannya adalah sama. Oleh karena itu, mulai kini ketika kamu mendengar tepung tapioka, tepung kanji, dan tepung aci, kamu tahu bahwa ketiga tepung tersebut adalah tepung yang sama.

Tag : #Tepung    #tepung tapioka    #kesehatan    #tepung kanji    #tepung sagu   

Baca Juga