Memilih silencer knalpot kendaraan yang tepat dapat menunjang performa.

Apa Itu Silencer Knalpot, Bahan dan Fungsinya

Maraden | Otomotif | 13-12-2021

PARBOABOA – Baik motor maupun mobil, tentunya memiliki knalpot yang menjadi komponen pentingnya.

Knalpot bekerja sebagai saluran buang dari sisa pembakaran pada ruang bakar mesin yang berbentuk asap. Selain itu knalpot juga meredam suara bising yang disebabkan kinerja mesin.

Bagian pada knalpot yang berfungsi meredam suara bising itulah yang disebut silencer. Biasanya silencer berbentuk tabung yang diletakkan pada bagian belakang kendaraan.

Silencer adalah komponen utama pada sebuah knalpot yang didalamnya juga ada berbagai komponen yang fungsinya meredam suara dari mesin saat kendaraan dijalankan.

Bagian-bagian penting dalam silencer knalpot salah satunya ialah partition yang berfungsi memecah suara kendaraan agar bunyinya tidak terlalu keras. Kemudian pada knalpot khusus balap bisanya ada komponen tambahan yang disebut glasswool untuk dapat lebih meredam dan juga menghaluskan suara yang dihasilkan mesin.

Selain meredam suara bising, ternyata knalpot juga membantu performa kendaraan. Hal itu karena pembuangan yang lancar akan membuat mesin bekerja lebih optimal.

Bahan-Bahan Dari Silencer Knalpot

Ada beberapa jenis bahan silencer yang beredar di pasaran seperti bahan stainless dan aluminium, bahan galvanis, bahan karbon dan bahkan titanium. Beberapa pabrikan otomotif saat ini bahkan sudah ada yang membuat silencer knalpot dari bahan monel, yakni campuran dari sulfur, tembaga, nikel, besi dan beberapa unsur lainnya.

Meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan dalam menujang performa, namun bahan pembuat silencer menjadi penting karena bahan yang berbeda juga membuat knalpot dapat dibentuk untuk menunjang kinerja knalpot itu sendiri seperti panjang atau pendeknya silencer.

Memilih Silencer Knalpot

Memilih silencer knalpot yang tepat akan mempengaruhi performa kendaraan. Salah memilih silencer pun dapat membuat mesin kendaraan tidak optimal.

Itu sebabnya perlu pertimbangan untuk memilih kenalpot khusunya produk aftermarket.

Unutk kendaraan sehari-hari biasanya silencer bawaan pabrikan sudah sukup dalam menunjang performanya. Namun jikapun igin menggantinya dengan prosuk aftermarket, disarankan untuk memilih produk yang tidak jauh berbeda dengan knalpot bawaan.

Selain itu, ukuran knalpot juga penting. Panjang pendek ukuran knalpot sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh kendaraan. Jika menginginkan suara kendaraan yang dihasilkan lebih lembut, maka ukuran silencer yang lebih panjang dapat menjadi pilihan. Tetapi jika menginginkan suara yang cenderung keras, dapat memakai silencer pendek.

Tag : #knalpot    #silencer    #motor    #mobil    #otomotif    #tips otomotif   

Baca Juga