Antisipasi Kebakaran Hutan, Menkopolhukam : Kalau Jelang Tahun Politik Orang Lalai

Penulis : Apri Siagian | Nasional | 25-01-2023

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengingatkan seluruh kepala daerah di Indonesia untuk mengantisipasi potensi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) 2023. (Foto:Parboaboa/Apri Siagian)

PARBOABOA, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengingatkan seluruh kepala daerah di Indonesia untuk aktif dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2023.

Mahfud berharap kepada semua pimpinan daerah (Pemda), forkopimda yang mempunyai hutan yang rawan dengan kebakaran, mulai dari sekarang waspada.

"Karena, ya dulu ada gurauan gitu, kalau sudah jelang tahun politik biasanya orang lalai, banyak yang kerja politik dan macam-macam sehingga tidak waspada," kata Mahfud kepada Parboaboa usai konferensi pers kesiapsiagaan menghadapi Karhutla 2023 di Indonesia di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/01/2023).

Mahfud menjelaskan, dalam mengatasi potensi Karhutla ini pemerintah telah mempersiapkan teknologi yang akan mendeteksi keberadaan titik api dari ukuran api yang masih kecil.

“Misalnya kalau di Sumatra Selatan sedang melakukan apa bisa dilihat, kalau ada titik api akan terlihat,” kata Mahfud

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Mahfud, Indonesia telah berhasil mengatasi masalah Karhutla dan mendapat respon yang baik serta harus dipertahankan.

Ia berharap kebakaran hutan tidak terjadi lagi dan mempertahankan prestasi selama beberapa tahun terakhir yang sepi dari gugatan serta protes dunia internasional.

"Karena kita berhasil kendalikan kebakaran hutan dan lahan sehingga tidak mengganggu warga negara lain, tidak ganggu wilayah negara lain," ujar Mahfud.

Mahfud juga mengaku sudah melakukan monitoring di beberapa tempat yang rawan Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

“Alhamdulillah saya juga sudah melihat satu tempat memonitoring peristiwa secara realtime di tempat-tempat yang rawan atau yang ada hutannya di seluruh Indonesia,” kata  Mahfud.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menegaskan apabila kebakaran hutan dan lahan diakibatkan oleh pihak swasta, maka akan diberikan warning hingga  law enforcement 

Dia berjanji tidak akan memberikan ampun. 

"Begitu ada hotspot aja mereka sudah kita langsung beri warning dan cara-cara law enforcement seperti itu, ternyata yang paling baik. Jadi kalau terdeteksi kebakaran di lahan swasta pasti kena,” kata Siti Nurbaya di tempat yang sama.

Editor : -

Tag : #kebakaran hutan    #karhutla 2023    #nasional    #antisipasi    #bnpb    #menkopolhukam    #mahfud md    #menteri lhk    #siti nurbaya   

Baca Juga