Ilustrasi Alat Musik Harmonis (Dok.Pinhome)

Apa Itu Alat Musik Harmonis? Berikut Penjelasan Lengkap Dengan Contohnya

Mei | Pendidikan | 26-07-2022

Siapa sih yang tak menyukai musik? Hampir semua orang bisa dikatakan suka mendengarkan musik. Alunan nada yang dihasilkan mampu menghidupkan suasana hati, serta mewarnai hidup.

Biasanya, nada indah tersebut berasal dari sebuah alat musik yang dimainkan ataupun suara manusia langsung.

Ada begitu banyak jenis alat musik yang ada di dunia dan secara umum dapat diklasifikasikan menjadi menjadi 3 jenis, yakni ritmis, melodis, dan harmonis.

Jika dibandingkan dengan alat musik ritmis dan melodis, alat musik harmonis memang lebih digandrungi untuk membuat harmoni dalam sebuah musik atau lagu.

Namun, mungkin beberapa pertanyaan seperti, apa yang dimaksud dengan alat musik harmonis? Apa fungsinya? Contohnya apa aja? Muncul dibenak kamu.

Tak perlu bingung, karena pada kesempatan kali ini Parboaboa akan membahas mengenai alat musik harmonis. Penasaran? yuk simak penjelasannya.

Pengertian Alat Musik Harmonis

Pada dasarnya, alat musik harmonis adalah sebuah instrumen musik yang mampu memproduksi minimal 3 nada atau lebih secara bersamaan untuk menghasilkan harmoni pada sebuah lagu.

Fungsi alat musik harmonis yakni untuk memainkan harmoni yang biasanya terdapat dalam sebuah lagu, sehingga musik akan semakin kaya dan lebih berwarna. Harmoni sendiri merupakan salah satu bagian terbenting dari sebuah lagu, setelah ritme dan juga melodi.

Selain alat musik modern, beberapa jenis instrumen musik tradisional juga dapat dikategorikan kedalam alat musik harmonis.

Contoh Alat Musik Harmonis

1. Alat Musik Harmonis Tradisional

Angklung

Siapa sih yang tak mengenal alat musik angklung? Instrumen tradisional yang satu ini memang sangat popular, bahkan hingga ke mancanegara, keren kan?

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar bambu yang berbentuk silinder berjumlah 2 atau lebih dengan ukuran yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, dengan tujuan untuk membentuk nada yang bervariasi.

Bonang

Contoh alat musik harmonis tradisonal berikutnya adalah Bonang, yakni sebuah instrumen khas masyarakat Jawa yang berbahan dasar logam.

Jika dilihat dengan pandangan sekilas, alat musik bonang memang mirip seperti gong, namun bentuknya lebih kecil dan mungil.

Bonang ini sendiri biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lain dalam satu kesatuan berupa gamelan.

Sasando

Contoh alat musik harmonis berikutnya adalah sasando, yakni sebuah instrumen yang terbilang sangat unik, karena menggunakan bambu yang berbentuk silinder dan juga daun lontar yang dipadukan dengan senar atau dawai yang berjumlah 28 hingga 58.

Selain tiga contoh di atas, siter, kecapi, gambus, sampek, dan kolintang juga termasuk contoh alat musik harmonis tradisional lainnya.

2. Alat Musik Harmonis Modern

Cukup banyak alat musik modern yang termasuk ke dalam alat musik harmonis, mulai dari alat musik tiup hingga petik.

Harpa

Contoh alat musik harmonis modern yang pertama adalah harga, yakni instrumen yang dimainkan dengan cara dipetik.

Walaupun harpa tergolong alat musik yang petik, namun cara memainkannya cukup unik, dimana salah satu jemari menekan dawai dan jemari lainnya yang memetik dawai tersebut.

Piano

Siapa sih yang tak mengenal piano? Alat musik harmonis yang satu ini memang sangat digemari oleh banyak orang dan dapat dimainkan secara tunggal.

Gitar

Gitar juga menjadi salah satu contoh alat musik harmonis normal yang dimainkan dengan cara dipetik dan sering ditampilkan diberagam pertujukan musik.

Gitar memiliki 6 senar, dimana masing-masing senar menghasilkan nada yang berbeda-beda. Instrumen yang satu ini memang sangat fleksibel dan selalu nyambung jika dikoloborasikan dengan alat musik lainnya, bahkan tradisional sekalipun.

Selain tiga contoh alat musik harmonis modern tersebut, suling modern atau recorder, harmonika, cello, saksofon, biola juga tergolong ke dalam alat musik harmonis.

Tag : #alat musik    #alat musik harmonis    #pendidikan    #seni musi    #kesenian   

Baca Juga