Ilustrasi Gardan Mobil (Foto: m.tribunnews.com)

Akibat Jika Tidak Mengganti Oli Gardan Mobil Secara Berkala

Patrick | Otomotif | 26-08-2022

PARBOABOA - Oli Gardan Mobil adalah oli yang digunakan untuk melumasi gear pada box gardan. Cairan ini juga memberikan perlindungan kepada gear agar tidak bersentuhan langsung dengan bearing.

Pada umumnya oli ini harus diganti berdasarkan jarak yang telah ditempuh. Biasanya penggantian oli dilakukan ketika mobil telah menempuh jarak per 20 ribu km atau maksimal 40 ribu km.

Banyak pengendara merasa oli ini tidak terlalu diperlukan dibandingkan oli mesin. Sehingga banyak yang menghiraukan oli ini dan tidak menggantinya secara berkala.

Berikut ini akibat ketika tidak mengganti oli gardan secara berkala.

1. Muncul suara bising dari mesin mobil

Suara ini muncul karena terjadinya gesekan pada semua komponen gear yang akhirnya membuat kerusakan pada gear transmisi. Jika suaranya semakin kencang maka, kerusakan yang terjadi semakin parah.

2. Meningkatkan suhu jadi overheat

Peran dari oli ini bukan hanya sebagai pelumas saja, tetapi juga besar pengaruhnya pada pendinginan yang terjadi di mesin gardan. Tidak mengganti oli ini secara berkala mengakibatkan suhu pada gardan mobil memanas. Jika dibiarkan, maka akan terjadi overheat. Pada suhu tinggi ini dapat mengakibatkan komponen gardan lainnya memuai.

3. Jalan kendaraan tidak mulus

Selain suara yang mengganggu, laju dari kendaraan juga akan terhambat. Kejadian yang paling sering terjadi adalah pada saat berkendara, mesin akan mengalami macet. Hal ini disebabkan gesekan yang terjadi antar komponen mesin terlalu keras.

Gesekan terjadi karena oli yang terdapat pada gardan sudah tidak ada atau sudah tidak layak pakai lagi. Adapun gesekan yang terjadi membuat perputaran antar mesin terhambat dan mengakibatkan anda tidak bisa berkendara mulus.

4. Sulit mengendalikan roda mobil

Roda pada mobil diatur agar bisa dikendalikan sesuai keinginan, perputaran roda pun tidak selalu memiliki kecepatan yang sama contohnya pada saat berbelok. Gardan mobil berfungsi dalam mengatur kecepatan perputaran roda dalam transmisi otomatis.

Fungsi gardan jadi tidak sempurna karena oli yang dibutuhkan tidak bekerja maksimal. Akibatnya roda menjadi sulit untuk dikendalikan dan memiliki potensi terjadi kecelakaan bagi pengendara.

5. Kerusakan pada gear ratio

Mobil dengan transmisi otomatis atau matic bergantung pada gear ratio. Komponen ini akan bekerja dengan baik jika oli gardan masih berfungsi untuk melumasi.

Akibat dari tidak mengganti oli tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada gear ratio. Jika sudah terjadi kerusakan pada komponen ini maka harus mengganti dengan yang baru.

Ciri ciri Oli Gardan Mobil Harus di Ganti

Baik itu mobil 2WD atau 4WD, semuanya memiliki komponen gardan yang fungsinya untuk meneruskan tenaga putar. Oli gardan mobil manual dengan matic hampir tidak memiliki perbedaan, hanya berbeda di spesifikasi dan tingkat kekentalan.

Tidak ada perbedaan antara mobil dengan transmisi manual dengan matic. Bagian gardan ini membutuhkan oli dan jika tidak diganti secara rutin, kerusakan seperti di atas akan terjadi.

Anda mungkin sering lupa akan jadwal penggantian olinya atau hanya fokus mengganti oli mesin saja. Supaya tidak lupa dan jadi bahan pengingat, ada beberapa ciri ciri oli gardan mobil perlu diganti.  Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa anda perhatikan.

1. Terdengar Suara dari Kolong Mobil

Ciri pertama yang sangat mudah dikenali adalah terdengar suara berdengung pada bagian kolong mobil. Walaupun kabin tertutup dan suara kendaraan dari luar tidak terlalu terdengar, tapi Anda akan mengenali suara kerusakan ini.

Hal ini terjadi karena permukaan gear tidak licin lagi dan bergesekan sehingga terdengar suara berdengung. Jika sudah muncul suara ini, jangan tunda lagi untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi.

2. Getaran Pada Bodi Mobil Sangat Terasa

Ciri lainnya yang juga mengganggu perjalanan adalah getaran pada bodi mobil terasa lebih kencang. Jika biasanya anda berkendara di jenis jalanan apapun mobil terasa nyaman dan halus, kini tidak lagi.

Anda bisa mengujinya untuk melewati jalanan menurun serta saat berbelok. Ketika getaran terasa lebih kuat dan mobil sulit dikendalikan saat berbelok, maka oli harus segera diganti. Tanda ini tentunya sangat mudah untuk dikenali.

3. Perubahan Warna Oli

Ciri ketiga ini bisa dicek ketika anda melakukan servis berkala di bengkel. Jadi jika kedua tanda di atas belum muncul tapi warna oli sudah berubah, maka anda harus menggantinya. Warna oli yang sudah tidak layak pakai adalah putih keabu-abuan atau abu-abu metalik gelap.

Harga oli gardan mobil memiliki perbedaan karena dijual dalam sediaan volume yang beragam. Selain itu, merek juga menentukan harga. Semakin mahal biayanya, semakin bagus pula kualitas yang ditawarkan oleh merek tertentu.

Oli gardan ini tersedia dalam berbagai kemasan, dengan yang paling kecil berukuran satu liter dan paling besar ada di kapasitas 4 liter. Berikut ini spesifikasi harganya:

Oli gardan kemasan 1 liter: Rp40 ribu – Rp320 ribu

Oli gardan kemasan 4 liter: Rp143 ribu – Rp430 ribu

Tag : #gardan mobil    #otomotif    #modifikasi    #mobil manual    #mobil matic    #oli gardan mobil    #service mobil   

Baca Juga