Nikmati Kesegaranya, Ini 7 Wisata Air Terjun di Jogja yang Eksotis dan Wajib Dikunjungi

Penulis : Wanovy | Travel | 04-11-2022

Instagram/@jogjaistimewa

PARBOABOA, Yogyakarta - Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi, terutama Air Terjun. Nah di Jogja terdapat banyak Air Terjun yang tersembunyi dan layak untuk kamu kunjungi.

Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki panorama alam yang alami dan sangat nyaman bila berada di sekelilingnya.

Selain itu, Kealamian inilah yang menjadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik agar banyak orang suka akan hasil fotonya. Namun ada juga yang menikmatinya dengan berenang ataupun bersantai di tepi Air Terjun.

Tidak usah bingung mencari Air Terjun di Jogja, arena Parboaboa.com akan mengulas secara singkat Air Terjun yang ada di Jogja.

Daripada makin penasaran, yuk simak rekomendasi air terjun di Jogja yang bagus dan segar berikut ini!

1. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar berlokasi di Kaliurang, Kabupaten Sleman. Obyek Wisata Alam (OWA) tersebut sudah menawarkan pemandangan yang menakjubkan bahkan sebelum kamu tiba di air terjun.

Sembari menaiki tangga batu dan menembus semak dan hutan, pengunjung akan disambut oleh pepohonan yang masih asri dan merupakan habitat dari monyet ekor panjang satwa asli penghuni Taman Nasional Gunung Merapi.

Terletak pada ketinggian 878 meter dari permukaan laut (mdpl), tidak dipungkiri bahwa tempat wisata tersebut memiliki udara yang sejuk.

Jika ingin bermain di bawah air terjun setinggi sekitar 30–45 meter ini, jangan lupa untuk membawa baju ganti.

2. Air Terjun Pantai Jogan

Ingin main di pantai namun juga ingin melihat air terjun? Kamu bisa melakukan keduanya di Pantai Jogan yang terletak di Kabupaten Gunungkidul.

Lokasi air terjun tersebut tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan. Wisatawan hanya perlu menuruni anak tangga untuk mencapainya.

Air tawar akan bercampur dengan air laut di atas pasir putih. Jika kamu sedang berkunjung saat air laut tidak surut, ombak pantai tersebut bisa mencapai air terjun.

Sumber air pada air terjun tersebut dikatakan berasal dari perbukitan karst yang berada di bagian utara pantai.

Dengan ketinggian sekitar 12 meter, air terjun tersebut memiliki debit air tawar yang besar pada musim penghujan. Air Terjun Pantai Jogan berlokasi di Dusun Dawet, Kecamatan Tepus.

3. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai dikenal sekitar tahun 2010an. Berbagai macam fasilitas pendukung di objek wisata ini sudah terdapat dan cukup lengkap.

Jika kamu ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, Pengelola sudah menyiapkan alat pelampung, kamu mesti harus menyewa pelampung ataupun ban biasanya seharga 10.000.

4. Air Terjun Luweng Sampang

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun di Jogja unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS.

Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

5. Grojogan Watu Purbo

Berkunjung ke Grojogan yang unik ini berlokasi di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Keunikan dari air terjun di Jogja satu ini adalah memiliki 6 tingkatan yang terbuat dari penahan lava Gunung Merapi di masa lalu.

Disebut Grojogan Watu Purbo karena di kanan kiri air terjun terdapat batuan-batuan tua yang menambah eksotisme air.

Akses menuju lokasi cukup mudah, kamu bisa bergerak menyusuri Jalan Magelang hingga sampai di lampu merah Tempel belok ke utara.

Lalu masuk Gapura Desa Merdikorejo, di sana kamu akan menemukan rambu petunjuk menuju Grojogan Watu Purbo.

Untuk menikmati indahnya air terjun bertingkat ini pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk, hanya biaya parkir kendaraan. Sepeda Rp 2.000, motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus Rp 20.000.

6. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun di Jogja berikutnya berada di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. Ciri khas dari air terjun Kembang Soka adalah airnya yang berwarna tosca kebiruan.

Selain itu, di sepanjang aliran air terjun terdapat banyak kolam alami. Batuan air terjun dan dasar sungainya berwarna kekuningan, Tebing yang berada disisinya berwarna merah marun.

Tiket masuk hanya Rp1000 dengan parkir sepeda motor Rp2000 dan mobil Rp5000.

7. Air Terjun Luweng Sampang

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Luweng Sampang di Jalan Juminahan, Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul terlihat cukup unik.

Pasalnya, air terjun tersebut dihiasi oleh bebatuan cadas berwarna putih yang terlihat kontras dengan birunya air.

Selain itu, bebatuan tersebut juga memiliki garis-garis unik yang terbentuk secara alami akibat terkena erosi dari aliran air.

Air Terjun Luweng Sampang diapit oleh dua bebatuan cadas yang membuatnya makin menarik. Wisatawan juga bisa duduk sambil menikmati pemandangan dari atas bebatuan tersebut.

Waktu terbaik mengunjungi Luweng Sampang adalah pada musim penghujan karena aliran airnya akan cukup besar. Sebaliknya pada musim kemarau, airnya surut.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Jogjabukan? Rasanya tidak sabar lagi ingin segera liburan seru di wisata air terjun kece di atas bukan?

Editor : -

Tag : #wisata yogyakarta    #yogyakarta    #travel    #tempat wisata    #air terjun jogja    #jawa tengah   

Baca Juga