10 Air Terjun di Indonesia Terindah, Wajib Masuk Bucket List Liburan Kamu!

Wanovy | Travel | 08-11-2022

Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara/ foto: Pariwisata Indonesia

PARBOABOA - Berbicara mengenai kekayaan alam yang dimiliki Indonesia memang tak pernah ada habisnya.

Mulai dari pegunungan, pantai, hingga air terjun yang indah bisa kamu temukan dengan mudah di Tanah Air. Lokasinya pun tersebar di seluruh Nusantara, baik di dalam maupun luar Pulau Jawa.

Jadi, kamu tak perlu kebingungan mencari destinasi wisata untuk liburan bersama keluarga karena semua yang kamu butuhkan ada di Indonesia. 

Bagi yang suka aktivitas memacu adrenalin, gunung tentu jadi destinasi yang cocok dikunjungi. Namun kalau yang lebih suka main air, pantai jadi tempat liburan yang paling tepat.

Nah, buat kamu yang kepengin main air sambil menikmati alam, air terjun bisa jadi pilihannya. Apalagi, Indonesia punya berbagai air terjun yang menawarkan pesonanya masing-masing.

Berikut Parboaboa.com sudah rangkum 10 air terjun terindah dan tercantik yang wajib kamu kunjungi di Tanah Air.

1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Dengan ketinggian 620 mdpl, Air Terjun Madakaripura menyabet predikat sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

Bentuknya sendiri cukup unik seperti curug atau air terjun kecil yang dikelilingi barisan bukit. Untuk menikmati keindahannya, kamu harus melalui jalanan yang cukup terjal dan licin sehingga dibutuhkan alas kaki yang bisa mendukung perjalananmu.

Setelah melalui perjalanan cukup menantang, kamu akan disambut dengan pemandangan air terjun yang sangat indah.

Konon katanya, air terjun satu ini dulunya merupakan sebuah tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Soal lokasinya, Air Terjun Madakaripura masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribu.

2. Air Terjun Banyumala, Bali

Bali tak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja, tapi juga memiliki sejumlah air terjun yang memesona.

Misalnya saja Air Terjun Banyumala yang berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun.

Aliran airnya yang deras dari ketiga air terjun membentuk sebuah kolam alami yang airnya begitu jernih dan segar.

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke sini, kamu bisa datang ke Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng.

Perjalanan dari Denpasar menuju Air Terjun Banyumala bisa ditempuh selama kurang lebih tiga jam. Untuk harga tiket masuknya, setiap wisatawan akan dikenakan Rp 10 ribu.

3. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Jika sedang berada di Karo, Sumatera Utara, sempatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Sipiso-piso. Lokasinya tak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Yang membuat air terjun satu ini begitu mencuri perhatian adalah karena lokasinya yang berada di ketinggian 800 mdpl serta dikelilingi oleh hutan pinus.

Selain itu, air terjun ini juga memiliki tinggi sekitar sekitar 120 mdpl. Tak heran kalau keunikannya ini membuat Air Terjun Sipiso-piso begitu terkenal hingga ke mancanegara.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa memulai perjalanan dari Medan dengan menggunakan bus jurusan Kabanjahe.

Kira-kira dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk sampai di Air Terjun Sipiso-piso. Sesampainya di Kabanjahe, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Danau Toba.

Lalu, kamu harus melewati jalur berupa anak tangga selama 1 jam. Dibutuhkan usaha lebih untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso.

Meski begitu, semua usaha kamu akan terbayar dengan pemandangan mengagumkan yang disuguhkan oleh air terjun satu ini.

4. Air Terjun Sekumpul, Buleleng

Kalau ingin menikmati wisata air terjun di Bali yang lebih indah, kamu bisa pergi ke Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Tempat ini sedang ramai di kalangan traveler lokal maupun mancanegara.

Harga tiketnya sangat murah, hanya Rp2.000 untuk wisatawan lokal dan Rp5.000 untuk turis mancanegara.

Kamu harus menggunakan pakaian yang nyaman dan aman, serta jangan lupa membawa baju ganti.

Kamu harus menuruni tangga curam dan menyeberangi sungai setinggi paha orang dewasa. Air terjun Sekumpul tidak akan membuatmu kecewa, pemandangan selama perjalanannya pun begitu asri.

5. Air Terjun Cikanteh, Sukabumi

Beralih ke daerah Sunda, kamu akan menemukan berbagai macam objek wisata curug (air terjun). Di Cikanteh, kamu bisa menemukan tiga air terjun dalam satu lokasi.

Kamu harus melewati jalan sempit dikelilingi pemandangan alam pedesaan. Kamu bisa memarkirkan motor di air terjun paling bawah yakni Sodong.

Dua air terjun lainnya juga bisa ditelusuri dengan berjalan kaki selama 10 menit. Biayanya tak lebih dari Rp10 ribu. Keren, kan?!

6. Air Terjun Luhur Cibinong, Cianjur

Air terjun alami nan indah ini berlokasi di Kecamatan Cibinong, Cianjur Selatan. Tempatnya cukup tersembunyi, jadi jarang orang yang tahu.

Kita hanya perlu membayar biaya parkir dan infaq. Meskipun aksesnya mudah, kita harus berhati-hati karena belum ada marka jalan, lampu penerangan, dan pembatas jalan.

Jika kamu mulai merasa hilang arah, lebih baik langsung tanya warga sekitar. Perjuanganmu akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang sungguh memesona.

7. Air Terjun Sigura-Gura, Sumatera Utara

Air terjun Sigura-gura menjadi salah satu keindahan alam berupa air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun tersebut memiliki ketinggian hampir 250 meter.

Air terjun Sigura-gura berlokasi 250 kilometer dari pusat provinsi Sumatera Utara yaitu, lebih tepatnya Dusun Sigura-Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir.

Air terjun ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah setempat dan penduduk lokal sebagai pembangkit listrik tenaga air, alias PLTA.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Sumatera Utara, maka kamu pasti akan menemukan generator PLTA Sigura-gura untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sekitar.

Air terjun ini merupakan air dari Danau Toba yang mengalir melalui Sungai Asahan. Aliran itu akan berakhir di Selat Malaka.

Nah, jika kamu ingin mengisi waktu libur, kamu bisa mengunjungi tempat ini, karena mengunjungi tempat wisata alam seringkali menjadi pilihan favorit keluarga untuk berlibur.

Biasanya, wisata paling populer melibatkan jalur air, jika dari Medan dimungkinkan untuk mencapai Ponot dengan jarak sekitar 250 km.

Rute lain juga dapat ditempuh melalui jalan perkotaan dari Siantar, Parapat, Balige dan Porsea menuju Kabupaten Toba.

8. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Siapa bilang Yogyakarta cuma terkenal dengan wisata candinya saja? Kota Gugeg memiliki sejuta pesona, termasuk wisata air terjunnya yang sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak air terjun di Jogja yang tak kalah indah, air Terjun Sri Gethuk misalnya. Berada di tepi Sungai Oyo, air terjun satu ini berasal dari tiga sumber mata air yang berbeda, yakni Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul.

Ketiga sumber mata air tersebut mengalir melalui tebing karst dan kemudian membentuk kolam alami.

Di sini, pengunjung diperbolehkan untuk berenang atau sekadar menikmati keindahan alamnya saja.

Bagi yang penasaran dengan pesona Air Terjun Sri Gethuk, kamu bisa datang langsung ke Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

9. Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

Wisata Lombok memang identik dengan pantai atau gunung. Namun, Lombok tak melulu soal pantai atau pun gunung karena pulau satu ini juga memiliki wisata air terjun yang tak kalah menarik.

Adalah Air Terjun Benang Kelambu yang berlokasi di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang Utara.

Dikelilingi dengan pohon gambung yang rimbun, udara di kawasan ini begitu sejuk. Cocok buat kamu yang ingin relaksasi.

Dinamakan kelambu karena air terjun satu ini keluar dari sela-sela pohon gambung dengan total enam titik air.

Belum lagi air yang keluar terlihat sangat tipis dan lembut mirip seperti kelambu. Bahkan, suara jatuhnya air pun tidak begitu bising.

Masyarakat setempat percaya jika mandi di Air Terjun Benang Kelambu bisa membuat awet muda. Tertarik berendam di Air Terjun Benang Kelambu? 

10. Air Terjun Tumpak Sewu, Jawa Timur

Air terjun Tumpak Sewu menyuguhkan keindahan yang tak kalah menawan dengan destinasi alam lainnya, bahkan wisata ini sering disebut sebagai air terjun Niagara versi Indonesia.

Air terjun dengan ketinggian 120 meter ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berbeda dari yang lainnya, air terjun Tumpak Sewu memiliki formasi yang cukup unik karena terdapat aliran air yang melebar seperti tirai dan melingkar mirip air terjun Niagara. Itulah mengapa air terjun ini termasuk tipe air terjun Tiered.

Kamu akan disuguhkan dengan keindahan air yang mengalir di antara pepohonan hijau yang segar. Gemericik suara air pun turut menyumbang suasana tenang bagi para wisatawan.

Nah, itulahh tadi beberapa rekomendasi air terjun di Indonesia yang wajib masuk bucket list liburan kamu. Happy holiday!

Tag : #air terjun indonesia    #air terjun    #travel    #tempat wisata    #air terjun terindah   

Baca Juga