Figma, foto: thenewstack

Adobe Beli Figma Dengan Harga Fantastis, 298 Triliun!

Wanovy | Teknologi | 20-09-2022

PARBOABOA - Adobe mengumumkan rencana akuisisi perusahaan perangkat desain Figma sebesar USD20 miliar atau setara Rp298 triliun (kurs Rp14.941 per USD).

Adobe pun berencana mengintegrasikan beberapa fitur dari produk lainnya, seperti ilustrasi, fotografi, dan teknologi video ke dalam platform Figma.

Adobe menjual berbagai layanan perangkat lunak untuk profesional foto dan video, seperti Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, dan lainnya.

“Kehebatan Adobe telah berakar pada kemampuan kami untuk menciptakan kategori baru dan menghadirkan teknologi mutakhir melalui inovasi organik dan akuisisi anorganik,” kata CEO Adobe Shantanu Narayen.

“Kombinasi Adobe dan Figma adalah transformasional dan akan mempercepat visi kami untuk kreativitas kolaboratif,” tambahnya.

Menurut Adobe, kolaborasi antara Figma dan Adobe akan membangun jalan yang baru terhadap dunia kreatif digital dengan basis kolaborasi.

Menurut Bloomberg, nilai akuisisi tersebut merupakan pembelian paling besar saat ini dari perusahaan software swasta.

Namun, apakah yang menjadi alasan Adobe melakukan akuisisi tersebut dan mengeluarkan biaya sebanyak itu? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Adobe memiliki harapan untuk mempercepat program kreatifitas web mereka dan memberi tempat yang lebih banyak terhadap teknologi Creative Cloud Suite.

Pelanggan setia Adobe akan mendapatkan fitur edit visual Adobe melalui platform Figma karena kolaborasi ini.

Adobe dan Figma akan memberikan bantuan terhadap individu dan tim agar menjadi lebih produktif dan kreatif melalui kesepakatan ini.

Perusahaan gabungan tersebut akan memiliki kesempatan langka untuk memperkuat pekerjaan di masa depan dengan menyatukan kemampuan masing-masing perusahaan.

Sebagai kesimpulan, kolaborasi dua perusahaan ini akan fokus terhadap kolaborasi dan Web akan menjadi platform untuk memudahkan tim yang ingin melakukan kreasi bersama.

Jadi, kemampuan multi-konsumen dengan basis web Figma akan mempercepat teknologi milik Adobe yakni Creative Cloud di Web sehingga proses kreatif akan lebih produktif dan lebih banyak orang akan bisa memiliki akses.

Figma sendiri merupakan perangkat lunak untuk membuat desain berbasis Cloud. Dengan berbasis Cloud, Figma memungkinkan antar pengguna untuk berkolaborasi menyelesaikan pekerjaan desain secara real-time.

Secara garis besar, Figma memiliki fitur-fitur yang berfungsi untuk menunjang pengembang dalam membuat desain antarmuka (UI) dari website atau aplikasinya.

Selain itu, Figma juga memiliki fitur untuk membuat prototipe alur kerja dari website atau aplikasi.

Figma menyediakan beberapa koleksi frame atau bingkai yang secara khusus untuk membuat UI aplikasi pada ponsel, tablet, atau desktop.

Jadi, pengguna tak perlu bingung lagi membuat format frame untuk desain UI yang bakal dibuat pada perangkat itu.

Selesai membuat desain UI aplikasi atau website, pengguna kemudian bisa menyusun pemodelan atau prototipe alur kerjanya.

Setelah itu, pengguna juga dapat memutar atau meninjau pemodelan yang telah dibuatnya. Selain membuat desain dan prototipe UI, Figma juga memiliki fitur utama lainnya, yakni menyusun diagram.

Penyusunan diagram ini cukup berfungsi untuk menata rancangan ide atau konsep, membuat alur desain secara deskriptif, dan lainnya.

Semua pekerjaan di Figma, termasuk membuat desain, prototipe, dan diagram, bisa dilakukan secara kolaboratif dengan pengguna atau anggota lain.

Pengguna bisa membagikan undangan ke pengguna lain dalam satu proyek pekerjaan di Figma.

Pengguna lain yang mendapat undangan itu dapat membantu menyelesaikan proyek pekerjaan atau memberikan tanggapan. Dalam hal pengerjaan desain, Figma bisa diakses dengan cara yang cukup fleksibel.

Dylan Field selaku pendiri Figma juga mengatakan dengan bantuan Adobe, Figma dapat tumbuh semakin besar dan penuh inovasi.

Hal ini bisa terjadi karena mereka dapat melakukan akses ke beragam teknologi, keahlian, dan sumber daya Adobe di bidang kreatif.

Dari catatan di laman Adobe, ada beberapa hal yang akan terus dikerjakan Adobe dengan bantuan Figma untuk dunia digital kreatif berbasis kolaborasi.

Mulai dari mempercepat kreativitas di web, memajukan desain produk, menginspirasi dan memberdayakan komunitas desainer dan pengembang.

Apakah kamu termasuk pengguna Figma? Bagaimana tanggapan kamu mengenai Figma diakuisisi Adobe?

Tag : #adobe    #figma    #teknologi    #apps    #photoshop    #ui    #design   

Baca Juga