Ada Tumpukan Alat Medis COVID-19 di Gudang Gugus Tugas Simalungun Berbulan-Bulan

Penulis : Patrick | Daerah | 08-12-2022

Tumpukan Alat Medis Covid-19 di Gudang Gugus Tugas Simalungun (Foto: Parboaboa/Patrick)

PARBOABOA, Simalungun - Di tengah maraknya penyebaran virus COVID-19, stok barang dan peralatan protokol kesehatan terlihat banyak tertimbun di gudang barang Gugus Covid Jalan Asahan Km.7 Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Berdasarkan pantauan tim Parboaboa, Kamis, (08/12/2022), ada sekitar 270 pasang rak, kemudian tong air, dan tempat cuci tangan (wastafel) menumpuk di gudang belakang bekas kantor PU Simalungun. Sementara di gedung utama, tepatnya di ruangan Damkar, tersimpan puluhan jerigen kapasitas lima liter handsanitizer dan sabun cuci tangan. 

Terkait hal ini, tim mencoba melakukan konfirmasi ke Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun, Manaor Silalahi. Dia mengatakan logistik tersebut sudah ada sejak pimpinan terdahulu dan masih disimpan di sini.

“Sebelumnya dari pimpinan terdahulu saya juga tidak terlalu ikut campur karena pada awalnya barang-barang tersebut untuk kebutuhan prokes di sekolah-sekolah, untuk kontraknya juga hanya sebatas sampai di sini,” ucap Manaor.

Manaor juga menjelaskan, pihaknya juga masih mendistribusikan prokes COVID-19 yang tersimpan dengan mekanisme yang berbeda.

“Untuk pendistribusian logistik tersebut, kami masih melakukannya dengan mekanisme yang berbeda. Sekarang ini jika ada pihak sekolah, kecamatan, nagori (desa), dan puskesmas yang membutuhkan, silahkan datang buat permintaan kepada kami,” ucap Manaor.

Ketika ditanya tim Parboaboa, selain peralatan protokol kesehatan, pihaknya juga masih menyimpan desinfektan yang digunakan untuk penyemprotan kantor-kantor pemerintahan dan yang lainnya.

Editor : -

Tag : #simalungun    #pemkab simalungun    #daerah    #gugus covid simalungun    #prokes simalungun    #bpbd   

Baca Juga