ilustrasi

Ada Apa Dengan Vaksin Merah Putih dan Universitas Airlangga?

sondang | | 02-09-2021

PARBOABOA, Jakarta Pagi ini, trending topic di twitter dikuasai oleh Vaksin Merah Putih dan Universitas Airlangga yang membuat banyak orang penasaran. Vaksin Merah Putih ada di puncak trending topic Twitter dengan 45.200 tweet. Kemudian Universitas Airlangga menyusul di bawahnya dengan 7.507 tweet. Ada apa sebenarmya dengan vaksin merah putih dan Universitas Airlangga?

Saat ini Indonesia masih mengandalkan impor vaksin dari China dan AS untuk program vaksinasi massal di berbagai daerah. Pemerintah sadar bahwa Indonesia tidak bisa terus bergantung pada produk luar.

Sehingga dikembangkanlah vaksin buatan Indonesia bernama Vaksin Merah Putih sejak 2020 lalu. Vaksin racikan dalam negeri tersebut dicanangkan sebagai vaksinasi Covid-19 nasional. Dengan begitu Indonesia tidak hanya bergantung pada vaksin dari luar negeri.

Saat ini, pemerintah bekerja sama dengan dua lembaga dan empat universitas untuk pengembangan vaksin tersebut. Dua lembaga tersebut yakni Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kemudian empat universitas tersebut adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Berbeda dengan Vaksin Nusantara yang menuai kontroversial, vaksin ini disambut baik oleh warganet.

Perlu diketahui, ada sejumlah vaksin yang dikembangkan di bawah konsorsium Vaksin Merah Putih. Salah satu yang menunjukkan progres menjanjikan adalah Vaksin Merah Putih produksi PT Biotis dan Universitas Airlangga.

Vaksin berbasis inactivated virus ini sedang dalam tahap 2 uji praklinik dan akan segera memasuki tahapan proses uji klinik. Tahapan uji diharapkan akan selesai bulan September.

Proses uji klinik diperkirakan akan dimulai pada Oktober. BPOM juga telah memberikan sertifikat cara produksi obat yang baik (CPOB) untuk menjamin fasilitas produksinya nanti.

Dalam pantauan, banyak buzzer meramaikan trending ini. Tampaknya memang untuk mengenalkan Vaksin Merah Putih dan Universitas Airlangga. Banyak mahasiswa Unair juga meramaikan trending ini. Dari banyak tweet, ada kegiatan membuat thread soal Vaksin Merah Putih oleh para mahasiswa Unair.

Namun selain itu, banyak juga masyarakat Indonesia yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh soal Vaksin Merah Putih yang dibuat Universitas Airlangga. Ada banyak dukungan dan harapan masyarakat, semoga vaksin ini segera selesai. Ada banyak juga pujian untuk Universitas Airlangga yang meneliti vaksin tersebut.

Tag : #pendidikan    #covid19    #nasional   

Baca Juga