Tugu Yogyakarta, Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

7 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits

Wanovy | Travel | 18-12-2021

Yogyakarta, selain dikenal sebagai Kota Pendidikan, juga punya tempat wisata terbaik. Bahkan, wisata Jogja tidak hanya terkenal di dalam negeri namun sudah masyhur hingga ke mancanegara.

Ketika kamu sedang berlibur di Jogja, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang lagi hits saat ini. Ada banyak pilihan spot wisata di Jogja, mulai wisata alam, wisata budaya, hingga wahana wisata.

Berikut ini tempat wisata menarik di Jogja, antara lain wisata sejarah & budaya, wisata alam, dan wisata edukasi & permainan.

1. Jalan Malioboro

Jelas saja tempat wisata di Jogja yang satu ini wajib ada di nomor 1. Kamu betul-betul belum ke Jogja namanya kalau enggak mampir atau paling enggak lewat Jalan Malioboro!

Selain untuk beli oleh-oleh, kamu juga bisa makan-makan di area Malioboro. Apalagi kalau malam, banyak banget warung tenda berdiri di sini.

Kalau kamu liburan ke Jogja dengan kereta, kamu bisa langsung berjalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Jalan Malioboro karena lokasinya berseberangan. Apalagi kalau kamu tiba di sore hari. Duh, cocok banget untuk langsung isi perut di area Malioboro!

2. Keraton Yogyakarta

Jogja adalah sebuah Daerah Istimewa, yang dipimpin oleh seorang raja yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Seorang raja tentu saja butuh istana, dan Kraton Yogyakarta adalah istananya. Sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta pun bisa kamu lihat langsung di sini.

Kamu bisa mengunjungi Kompleks Utama Kraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum pada pukul 08.30 - 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB. Ada pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Kraton. Tetapi kalau kamu ingin berjalan-jalan sendiri pun tak masalah.

Harga tiket masuk Kraton Yogyakarta sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan tambahan Rp 1.000 untuk izin berfoto.

3. Taman Sari

Masih berada di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta, Taman Sari dulunya adalah pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya. Meski kini sudah tak digunakan lagi, Taman Sari kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, terutama jika kamu baru pertama kali ke Jogja.

Selain area pemandiannya yang unik, kamu juga bisa menelusuri lorong-lorong bawah tanah di Taman Sari yang selain punya nilai sejarah, tapi juga Instagramable banget, terutama area masjid bawah tanahnya yang punya arsitektur tangga yang unik!

4. Bukit Bintang

Wisata malam di Bukit Bintang Yogyakarta menawarkan keindahan kota jogja dari atas bukit. Sementara itu lokasinya juga strategis berada di perbukitan Pathuk Gunung Kidul yang merupakan primadona pecinta wisata malam.

Saat ini Bukit bintang Yogyakarta menjadi surga bagi penggemar fotografi. Hal ini karena kilauan lampu dari atas bukit tampak memukau dan siap diabadikan dengan lensa kamera. Dari sini pengunjung akan melihat bentang alam kota jogja tanpa terhalang apapun. Jika datang pada saat sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset yang menawan.

5. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah salah satu area ikonik lainnya di Jogja yang enggak boleh dilewatkan wisatawan, apalagi kalau baru pertama kali liburan ke Jogja. Umumnya, Tugu Yogyakarta adalah tempat berfoto yang wajib dikunjungi untuk membuktikan kalau kamu beneran udah ke Jogja!

Di sekitaran tugu Yogyakarta, kamu juga bisa mampir ke restoran dan kafe yang terletak tepat di seberang Tugu. Biasanya restoran ini punya teras lantai 2, dan kamu bisa berfoto dari atas sana! Tentu aja kamu harus beli makanan dan minuman dulu ya di sini, jangan langsung masuk dan berfoto gitu aja.

6. Merapi Parks

Merapi Park Jogja merupakan salah satu destinasi wisata masa kini yang begitu digemari kalangan anak muda.

Wisata ini berada di sebelah utara Jogja, atau tepatnya di kabupaten Sleman. Kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam bila berangkat dari pusat kota Jogja.

Walaupun sedikit berjarak dari pusat kota, ternyata tetap tidak menyurutkan pengunjung wisata ini. Merapi Park juga buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00,  untuk weekend, mereka akan buka lebih cepat dari pukul 08.30-17.00.

Objek wisata dengan tiket masuk Rp 20.000 ini menawarkan pengalaman berkunjung dan berswafoto ria dengan berbagai landmark terkenal di dunia, seperti Menara Eiffel, Menara Pisa hingga Big Ben London. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mendapatkan foto dengan replika bangunan tersebut, Toppers.

7. Heha Sky View

Kamu sedang mencari wisata modern yang tenang dengan pemandangan alam yang indah? Kamu bisa mempertimbangkan Heha Sky View dalam salah satu list milikmu. Wisata yang berada di kabupaten Gunung kidul tersebut, berjarak sekitar 40 menit dari kota Jogja.

Heha Sky View memiliki konsep perpaduan antara wisata alam dan modern yang disatukan dalam sebuah restoran. Objek wisata ini juga menyediakan berbagai hiburan dan aktivitas, dari food stall hingga live music, semua bisa kamu dapatkan dalam satu tempat ini.

Harga tiket masuknya masih tergolong terjangkau,  mulai dari Rp 10.000  hingga Rp 20.000, kamu bisa langsung datang mengunjunginya pukul 10.000 – 16.30 WIB.

8. Agrowisata Bhumi Merapi

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak bahwa wisata satu ini berada dalam kawasan lereng gunung merapi, lebih tepatnya di Jl. Kaliurang KM 20. Konsep Agrowisata sendiri bertujuan untuk menghadirkan tempat wisata yang menghibur sekaligus mengedukasi pengunjungnya.

Objek wisata dengan luas sebesar 5,2 hektar ini menawarkan berbagai edukasi mengenai perkebunan dan peternakan. Beberapa kegiatan yang ditawarkan antara lain, melihat proses pembuatan kopi luwak, memerah susu kambing, mengolah susu sebagai yogurt dan es krim, termasuk kamu juga bisa membeli hasil kebun hidroponik di sana secara langsung.

Tidak hanya kegiatan yang mengedukasi, di Agrowisata Bhumi Merapi juga tersedia berbagai spot foto menarik untuk kamu yang senang berswafoto ria. Jam buka mulai pukul 08.30 sampai 17.00, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 30.000 per pengunjung.

9. Parangtritis

Pantai paling populer di Bantul yaitu pantai Parangtritis. Mungkin kamu sudah mengenal pantai yang keindahan tebingnya paling eksotis. Sejumlah aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan lokal dan wisatawan asing adalah berjemur.Adapun aktivitas lainnya seperti, keliling pantai menggunakan dokar, bermain sepeda motor ATV dan banyak lagi.

Di pantai ini kamu disarankan untuk tidak berenang, berselancar dan menyelam dikarenakan ombak pantai Parangtritis terkenal cukup liar yang dapat membahayakan.

Kamu juga dapat memnggunakan sejumlah fasilitas yang tersedia di area wisata pantai diantaranya tempat parkir, toilet, payung tempat bersantai, tempat makan dan mushola.

Alamat Pantai Parangtritis tepatnya di Jl. Parangtritis KM 28, Bantul, Yogyakarta.

Agar bisa masuk ke area wisata pantai Parangtritis, kamu wajib membeli tiket masuk sebesar Rp 5000,- per orang. Objek wisata dibuka setiap hari selama 24 jam non stop.

10. Alun-alun Kidul

Destinasi wisata yang menjadi ciri khas Kota Jogja ini selalu ramai oleh pengunjung khususnya di malam hari.

Hal yang paling menarik dari Alun-alun Kidul ini adalah pesona keindahannya terutama menjelang malam hari. Belum lagi, pengunjung dapat menikmati aneka kuliner khas Jogja di sepanjang jalan.

Untuk penjelasan selengkapnya tonton video 10 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits di channel YouTube kami.

Tag : #Yogyakarta    #wisata jogja    #tempat wisata di jogja    #pantai jogja   

Baca Juga