Vaksin Moderna

70 Ribu Dosis Vaksin Moderna yang Tiba di Sumatera Utara akan Diprioritaskan Untuk Tenaga Medis, TNI

rini | Kesehatan | 29-07-2021

PARBOABOA, Medan - Sebanyak 70.000 dosis vaksin moderna diterima Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Bandara Kualanamu, Kamis (29/7). Setelah tiba vaksin tersebut dibawa ke gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sumut dengan pengawasan ketat Brimob Polda Sumut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah menjelaskan, vaksin Moderna ini akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Jadi ini untuk dosis ketiga. Sebagai booster. Peruntukannya untuk tenaga kesehatan termasuk Nakes dari TNI dan Polri, ujar Aris, Kamis malam.

Selanjutnya, proses pendistribusian 70 ribu dosis vaksin Moderna itu akan dipasok ke beberapa kabupaten/kota di Sumut sesuai jumlah nakes yang ada.

Sebelumnya, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menjelaskan bahwa stok vaksin saat ini semakin menipis. Pihaknya telah meminta pasokan vaksin sebanyak 2 juta dosis dari pemerintah pusat. Namun, hal tersebut belum terealisasi hingga saat ini.

"Ada keterbatasan vaksin di nasional dan diprioritaskan untuk Jawa-Bali. Sehingga provinsi non Jawa-Bali itu dilakukan secara bertahap," kata Edy, Kamis (29/7).

Sembari menanti kedatangan vaksin, Edy meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Perlu diberitahu kepada orang Sumut ini. Langkah kedua adalah vaksin. Langkah pertama adalah protokol kesehatan, pakai makser, cuci tangan dan jaga jarak," pungkasnya.

Tag : covid19,kesehatan

Berita Terkait