7 Partai Politik Nonparlemen Bakal Usung Capres Desember Mendatang

Juni | Politik | 29-10-2022

Tujuh sekjen partai politik nonparlemen usai melakukan makan malam bersama di Jakarta Selatan, Jumat (28/10/2022) (Foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama)

PARBOABOA, Jakarta – Kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang akan diramaikan oleh adanya koalisi 7 pantai politik (parpol) non parlemen yang akan mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor mengatakan, 7 parpol nonparlemen ini masih pada tahap verifikasi. Setelahnya, koalisi tersebut bakal mendeklarasikan capres-cawapres untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Target kita setelah verifikasi, mudah-mudahan bulan Desember, sudah ada yang diputuskan, dan disitulah kami akan mengumumkan," ujar Afriansyah, Jumat (28/10/2022).

Wakil Menteri Ketenagakerjaan ini menyebut, hasil pertemuan ini terlebih dahulu dilaporkan kepada ketua umum terkait beberapa nama yang rencananya akan diusung  untuk Pemilu 2024.

"Tentunya akan ada pertemuan selanjutnya, semuanya akan melaporkan ke ketua umum hasil pertemuan ini," katanya.

Afriansyah kemudian memberikan bocoran terkait kriteria capres dan cawapres yang dicari, yakni memiliki kompetensi untuk melanjutkan pembangunan yang sudah ada saat ini.

"Kami juga 7 partai ini akan menyiapkan calon yang betul-betul bisa menggantikan sosok seperti Bapak Jokowi yang pas untuk bangsa ini ke depan," ujarnya.

"Seseorang yang bisa melanjutkan perjuangan yang sudah diarahkan oleh beliau (Jokowi), sehingga pembangunan ini berlanjut dan ini yang akan kita lakukan. Jadi kita ingin memilih orang yang tepat seperti itu," imbuhnya.

Kendati demikian, ia meyakini bahwa partai koalisi sepakat mempunyai visi misi yang sama, yaitu hendak membentuk iklim politik di Indonesia tetap kondusif, tanpa politik identitas yang menyebabkan polarisasi.

"Kami menkan pada seluruh partai politik yang ada, untuk tidak terpolarisasi, jadi kita tidak menekankan politik identitas," pungkasnya.

Tag : #pemilu 2024    #capres    #politik    #partai politik    #parpol nonparlemen   

Baca Juga