Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia (Foto:Freepik)

7 Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia Namun Memiliki Peminat Tertinggi

Ester | Pendidikan | 22-09-2022

PARBOABOA – Dalam dunia perkuliahan, tentu banyak calon mahasiswa yang dihadapkan dengan pilihan yang sulit dalam menentukan jurusan. Selain banyaknya jurusan kuliah yang dikenal tersulit untuk masuk ke dalamnya, para calon mahasiswa juga dihadapkan dengan lapangan kerja yang diberikan oleh jurusan pilihan mereka.

Tidak heran mengapa sering sekali terdapat 1 jurusan dengan peminat terbanyak hingga menjadi salah satu jurusan kuliah tersulit di Indonesia karena sangat sulit untuk ditembus. Hal itu dikarenakan jurusan ini memiliki lapangan pekerjaan yang jelas dan menjamin masa depan.

Untuk mengetahui jurusan apa itu, di bawah ini kami akan memberikan daftar jurusan kuliah tersulit di Indonesia namun memiliki peminat tertinggi. Jurusan apakah itu? Berikut kami berikan daftarnya.

1. Kedokteran

Jurusan yang paling dikenal dengan tingat kesulitan yang tinggi adalah kedokteran. Seperti namanya, kedokteran adalah salah satu jurusan yang berutujuan untuk melahirkan dokter dari berbagai universitas.

Jurusan ini membutuhkan kepintaran tingkat tinggi dan ilmu IPA yang sangat dalam. Sebab dimasa kini dan yang akan datang, dokter tetap dibutuhkan kapanpun untuk membantu umat yang membutuhkan pengobatan.

2. Teknik Informatika

Jika membahas jurusan kuliah tersulit, tentu kamu tidak asing dengan jurusan teknik informatika. Jurusan teknik memang dikenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi serta banyaknya saingan dalam memasuki jurusan yang satu ini.

Prospek kerja jurusan ini sendiri terbuka lebar kea rah dunia digital. Dimana, seperti yang kita ketahui keahlian di dalam dunia digital sangat dibutuhkan saat ini mengingat perkembangan zaman yang pesat. Beberapa profesi yang diciptakan oleh teknik informatika adalah Programmer, Information Security Analyst, Data Scientist, Web Developer, Konsultan IT, dan masih banyak lagi

3. Teknik Kimia

Masih dengan jurusan teknik, salah satu jurusan kuliah tersulit selanjutnya adalah teknik kimia. Seperti nama jurusannya, jurusan yang satu ini akan mempelajari seluruh gabungan kimia sains dan teknik industri dimana jurusan ini sangat dipakai.

Prospek kerja dari jurusan teknik kimia sendiri adalah energi terbarukan, industri minyak dan gas, industri pengolahan limbah, industri kimia, industri obat, industri pangan, industri perancangan alat, maupun instansi pemerintah.

4. Farmasi

Siapa yang tidak mengetahui farmasi? Jurusan yang dikenal dengan tingkat kesulitan tinggi ini mampu melahirkan banyak sekali apoteker-apoteker yang sangat kita butuhkan saat ini. Selain mempelajari mengenai obat-oabatan, jurusan ini juga banyak melakukan praktikum dan membuat laporan.

Seperti yang sudah kami sebutkan, jurusan ini nantinya akan bekerja sebagai seorang apoteker. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sebagai peneliti bioteknologi, ahli kecantikan, dosen, staf ahli informasi medis bahkan wirausaha.

5. Teknik Arsitektur

Jurusan kuliah tersulit selanjutnya adalah arsitektur. Jurusan ini dikenal sebagai salah satu jurusan tersulit karena di dalamnya mahasiswa akan belajar mengenai proyek, pengelolaan lingkungan dan bangunan, industri bahan, dan lain sebagainya.

Meski demikian, jurusan ini mampu memberikan lapangan kerja yang luas dan cukup menjanjikan. Nantinya lulusan teknik arsitektur dapat menjadi seorang arsitek kontraktor, developer, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan jurusan ini.

6. Teknik Penerbangan

Teknik penerbangan adalah salah satu jurusan kuliah tersulit, dimana jurusan ini mampu menyita waktu mahasiswanya sebanyak 19 jam per minggu. Jurusan ini sendiri kerap disapa dengan teknik mesin dan dirgantara.

Nantinya, setiap mahassiwa akan mempelajari mengenai perancangan mesi, konversi energi, teknik mesin, dan masih banyak lagi. Meski demikian, lapangan kerja yang diberikan oleh jurusan penerbangan ini sangat menjanjikan setiap mahasiswanya.

7. Biologi dan Sel Molekuler

Biologi dan sel molekuler adalah salah satu jurusan yang sudah dikenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi. Jurusan ini akan mempelajari mengenai bagaimana bentuk dari makhluk hidup, dimana umumnya akan mempelajari seluruh ilmu sains.

Meski demikian, jurusan tersulit ini dapat menghasilkan lapangan kerja yang luas seperti menjadi Ahli Biostatistik, Ahli Biomedis, Peneliti Bioinformatika, Dosen, Research & Development, dan lainnya.

Nah, itulah 7 jurusan kuliah tersulit di Indonesia yang tetap memiliki banyak peminatnya. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Tag : #jurusan    #kuliah    #pendidikan    #tersulit    #universitas    #mahasiswa    #kedokteran   

Baca Juga