7 Daftar Kampus dengan Jurusan Biologi Akreditasi A

Desy | Pendidikan | 05-12-2022

Ilustrasi kegiatan laboratorium. (Foto: dok. Okezone.com)

PARBOABOA, Jakarta – Jurusan Biologi merupakan cabang ilmu IPA yang mempelajari tentang kehidupan serta organisme hidup, struktur, fungsi, persebaran, evolusi, pertumbuhan, serta taksonominya.

Banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyediakan juruan Biologi. Namun berikut beberapa PTN dengan jurusan Biologi yang termasuk dalam Akreditasi A dari BAN-PT.

1. Universitas Indonesia (UI)

Departemen Biologi FMIPA UI merupakan pengganti dari Jurusan Biologi FIPIA UI yang dirubah menjadi Departemen pada tahun 2004.

2. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan Biologi Universitas Biologi UB dimulai sejak Agustus 1987 dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajarannya terhadap mahasiswa S1.

3. Universitas Negeri Malang (UNM)

Jurusan Biologi pertama kali dimiliki oleh Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang didirikan pada 18 Oktober 1954. Jurusan ini berada di bawah FMIPA, yang menjadi rujukan dalam Tridharma Perguruan Tinggi di Bidang Biologi dan pembelajarannya.

4. Universitas Negeri Padang (UNP)

Perguruan tinggi ini berdiri sejak 1 September 1945 dan merupakan perubahan dari IKIP atau PTPG Padang menjadi universitas. Di Universitas Negeri Padang, jurusan Biologi dibagi menjadi dua program, yaitu Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Biologi.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Sama seperti UNP, di UNY jurusan Biologi dibagi menjadi dua program studi, yaitu Program Studi Biologi dan Program Studi Pendidikan Biologi. Di universitas ini, untuk jurusan Biologi disediakan satu bangunan untuk laboratorium terpadu dengan tiga lantai yang terdiri dari Lab Mikrobiologi, Bioteknologi, dan Riset, Lab Botani, Lab Zoologi, dan lainnya.

6. Universitas Gajah Mada (UGM)

Di UGM, Fakultas Biologi didirikan pada tanggal 19 September 1955, dan menjadi program studi yang unggul di tingkat internasional.

7. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Program Sarjana Bilogi di ITB berfokus pada kajian sistem biologis, dari sel hingga bumi atau biosfer, yang dalam pengajaran dan penilitiannya menggunakan big data.

Tag : #ban pt    #kampus    #pendidikan    #jurusan biologi    #akreditasi a   

Baca Juga