Ilustrasi tips memilih laptop untuk mahasiswa yang bagus dan berkualitas terbaik 2022

6 Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa yang Bagus dan Berkualitas Terbaik 2022

Wanovy | Teknologi | 05-01-2022

PARBOABOA – Sebagai mahasiswa, penting bagi kamu untuk mengetahui tips untuk memilih laptop untuk mahasiswa yang bagus dan berkualitas terbaik 2022.

Seperti diketahui, laptop merupakan hal penting yang harus dimiliki mahasiswa dalam menunjang proses pembelajaran. Tidak hanya sebagai media belajar, laptop juga bisa digunakan sebagai media kreatif agar tetap pruduktif selama pandemi Covid-19.

Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Sehingga tidak semua laptop sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Sama seperti smartphone, laptop juga memiliki banyak merek dan tipe. Supaya tidak salah pilih dan menyesal, simak tips memilih laptop untuk mahasiswa yang bagus dan berkualitas terbaik 2022 berikut ini:

1. Budget

Tips memilih laptop untuk mahasiswa yang pertama tentunya menentukan budget. Ya, untuk hal ini memang setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Budget dirasa merupakan hal yang sering menjadi permasalahan dalam membeli sesuatu.

Sebaiknya kamu harus lebih bijak lagi dalam membeli laptop, mungkin bagi mahasiswa untuk laptop harga 3 jutaan sampai 4 jutaan sudah cukup untuk melakukan pekerjaan yang ringan. Setelah budget sudah ketemu, maka selanjutnya adalah:

2. Spesifikasi

Tips memilih laptop untuk mahasiswa yang bagus dan berkualitas selanjutnya adalah denngan memperhatikan spesifikasinya.

Kebutuhan tiap mahasiswa tentunya berbeda-beda dalam memilih laptop. Misalnya mahasiswa IT, laptop yang dibutuhkan yaitu laptop dengan Processor intel i5 dan RAM minimal 4GB dan VGA NVIDIA minimal 2GB, berbeda dengan mahasiswa jurusan ekonomi yang sudah cukup dengan laptop dengan Processor intel i3 dan RAM  2GB.

Bagi mahasiswa multimedia, mungkin laptop yang cocok yaitu dengan mengandalkan Processor Intel dengan ditunjang RAM minimal 4GB dan VGA NVIDIA minimal 2GB.

Lalu, laptop untuk mahasiswa desain grafis biasanya digunakan untuk membuat desain 2D dan 3D, mengolah gambar, foto, animasi, motion graphic, dan elemen-elemen seni lainnya.

Tentunya akan digunakan juga aplikasi-aplikasi seperti keluarga Adobe, Corel Draw, SketchUp, dan masih banyak lagi. Untuk mendukung aktivitas tersebut, maka dibutuhkan laptop dengan prosesor dan RAM yang tinggi, display berkualitas, serta kartu grafis yang mumpuni.

Sebagai otak dari PC atau laptop, prosesor tentulah sangat berperan penting untuk performa sebuah laptop. Dimana jika membutuhkan performa laptop yang bagus dan prima, diharuskan menggunakan prosesor dengan kualitas yang baik juga.

Agar bisa lebih nyaman menikmati permainan game yang berat dengan durasi yang cukup panjang, gunakanlah prosesor intel. Karena prosesor ini selain tidak cepat panas juga cukup bisa menghemat daya.

Pilihlah prosesor dengan label HQ ataupun MQ. Jangan memilih prosesor dengan label U. Karena label U hanya digunakan untuk keperluan ringan. Disarankan untuk menggunakan intel core i7 atau minimal intel core i5. Sedangkan untuk AMD bisa menggunakan FX series atau A10.

3. Desain

Ada beragam jenis laptop saat ini, mulai dari yang tipis hingga tebal. Laptop tebal umumnya adalah laptop gaming karena memiliki banyak perangkat seperti fan atau kipas yang bobotnya lebih besar.

Namun, laptop untuk kegiatan sehari-hari fan yang digunakan biasanya tipis. Tentunya laptop tipis ini mudah dibawa kemana-mana bukan?

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan ukuran layar laptop. Jika kamu menggunakan laptop untuk hal mendetail seperti mengetik code bahasa pemrograman, maka layar yang lebar akan lebih nyaman digunakan, seperti laptop berlayar 14 inchi yang layarnya cukup lebar dan memungkinkan dimasukkan ke dalam tas dan ringan dibawa kemana-mana.

Setiap laptop punya dimensi dan berat yang berbeda-beda. Ada tiga kategori yang bisa jadi pertimbangan kamu, yaitu:

- Laptop 13-14 inci: Umumnya sangat ringan, mudah dibawa ke mana-mana namun secara fungsi biasanya terbilang standar.

- Laptop 15-16 inci: Ini adalah ukuran laptop paling populer. Agak lebih berat, tetapi cocok bagi Anda yang menginginkan display lebih besar.

- Laptop 17-18 inci: Kurang cocok untuk mahasiswa dan pelajar karena. Ini adalah standar laptop meja untuk aktivitas gaming dan pekerjaan berat.

Jadi, kategori laptop dengan ukuran 15-16 inci adalah yang paling sesuai untuk mahasiswa. Bobotnya rata-rata cuma sekitar 1,8-2,5 kg.

4. Kemampuan Multitasking

Tips memilih laptop untuk mahasiswa yang bagus dan berkualitas berikutnya adalah dengan memperhatikan kemampuan multitasking.

Saat mengerjakan tugas, minimal ada 3 program yang berjalan bersamaan. Word untuk menulis, browser untuk mencari referensi dan aplikasi hiburan seperti Spotify.

Kemampuan multitasking memang sangat penting pada laptop mahasiswa dan pelajar. Dua komponen yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah prosesor dan RAM.

Untuk prosesor, pilihlah laptop dengan minimal Intel Core i3 atau AMD A-series. Sedangkan RAM 4GB sudah sangat standar. Namun alangkah baiknya jika kamu bisa mendapatkan laptop dengan RAM 8GB. Spesifikasi ini sudah memenuhi syarat untuk kebutuhan multitasking dan hiburan.

5. Ketahanan Baterai

Tidak hanya memperhatikan spesifikasi, performa baterai juga merupakan salah satu tips memilih laptop untuk mahasiswa. Tentu kamu perlu memikirkan mengenai ketahanan baterai jika perlu membawa laptop ke kampus.  

Untuk hal ini, pilih laptop dengan daya tahan baterai 8 jam atau lebih karena menjanjikan kualitas daya tahan baterai lebih baik. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir laptop kehabisan baterai saat dipakai di kampus.

6. Garansi

Garansi berfungsi sebagai jaminan jika sewaktu-waktu laptop yang kamu beli mengalami masalah. Masa garansi setiap laptop berbeda-beda, biasaya laptop memiliki 1-2 tahun masa garansi.

Selama masa garansi belum habis, kamu bisa membawa langsung ke tempat kamu membeli laptop atau service center jika tiba-tiba terjadi masalah. Untuk memastikan laptop yang kamu beli bergaransi resmi, maka beli lah laptop dari toko resmi atau terpercaya.

Nah, itulah 6 tips memilih laptop untuk mahasiswa yang bagus dan berkualitas terbaik 2022 yang bisa kamu jadikan bahan referensi. Semoga bermanfaat!

Tag : #laptop    #tips    #memilih laptop    #laptop bagus    #mahasiswa    #laptop mahasiswa   

Baca Juga