60 Peserta Lolos Berkas Mengikuti Ujian Tes Anggota PPK Pemilu 2024 Berbasis Komputer

Penulis : Putra Purba | Daerah | 06-12-2022

Komisioner KPU Kota Pematang Siantar Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Hubungan Antar Lembaga, Jafar Sidik (Foto: Parboaboa/Putra P. Purba)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematang Siantar melaksanakan ujian tes berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang telah mendaftar secara online melalui aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan Adhoc (SIAKBA).

Komisioner KPU Kota Pematang Siantar Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Hubungan Antar Lembaga, Jafar Sidik mengatakan, pelaksanakan resmi dilaksanakan, Selasa (6/12/2022) di SMA Negeri 4 Pematang Siantar.

Dijelaskannya, ujian tahun ini dilakukan mulai 6-7 Desember 2022. Kemudian dibagi empat gelombang, di mana pada gelombang I pukul 09.30-11.00 WIB, dan gelombang II pukul 13.00- 14.30 WIB.

“Di setiap gelombang terdapat 60 orang yang mengikuti tes CAT dengan menggunakan 3 ruang lab disini (read- SMA Negeri 4 Pematangsiantar) ,” jelasnya kepada Parboaboa.

Jafar melanjutkan, perekrutan anggota PPK KPU Siantar tahun ini diikuti 230 orang yang sudah lolos verifikasi administrasi melalui aplikasi SIAKBA. Di mana ada 36 yang mendaftarkan diri dinyatakan gugur karena berkas persyaratan tidak lengkap.

“Salah satu nya ketidakadanya surat pemeriksaan kesehatan yang dicantumkan para peserta anggota tersebut,” jelasnya.

Jafar berharap, peserta yang lolos ujian nantinya mampu membantu maksimal dan berperan aktif mensukseskan Pemilu 2024 yang semakin dekat. Semua informasi tahapan tes tertulis akan disampaikan pada pengumuman hasil di setiap kecamatan masing-masing pada tanggal 9 Desember 2022 untuk lanjut ke tahapan wawancara.

“Untuk tanggal wawancara bagi para peserta lulus tes akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Desember mendatang,” ucapnya.

Salah satu peserta gelombang I berusia 51 tahun asal Kelurahan Tahean, Kecamatan Siantar Utara, Erno mengatakan, ujian CAT cukup menguras tenaga karena banyak soal-soal ujian yang di luas ekspektasi.

Dikatakannya, tes kali ini cukup menunjukkan sikap adil dari KPU Siantar untuk memberikan peran yang aktif bagi masyarakat demi penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Saya berharap dalam perekrutan anggota PPK tahun ini, KPU Siantar lebih proporsional, transparan dan jujur dalam mengumumkan peserta yang lolos ke tahap selanjutnya sesuai nilai dan kemampuan yang didapat dari ujian tes kali ini,” katanya.

Editor : -

. Tag : #pematang siantar    #sumatra utara    #daerah    #komisi pemilihan umum    #ppk    #siakba    #kpu   

Baca Juga