Ilustrasi (Foto: Bloomberg)

6 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Martha | Ekonomi | 19-01-2022

PARBOABOA – Setiap negara di dunia pasti akan membutuhkan barang yang satu ini yaitu emas. Setiap gram emas berbeda-beda harga jualnya.

Pada tahun 2020 harga emas mengalami kenaikan secara konsisten, bahkan melonjak hingga US$ 2.000 per trio ons.

Kenaikan ini terjadi karena dampak ekonomi akibat pendemi Covid-19.

Apakah kalian tau negara mana saja penghasil emas terbesar di dunia? Kalok kalian tidak tau yuk simak informasi yang akan kami berikan berikut ini.

1. China

Diurutan yang pertama ada di negara China, negara ini merupakan produsen emas terbesar di dunia dengan total produksi sebanyak 420 ton au. Negara ini telah memegang posis tertas sebagai penghasil emas terbanyak selama lebih dari satu dekade.

2. Australia

Diurutan kedua ada Autralia, penghasilan emas dinegara ini mencapai 330 ton au.

3. Rusia

Rusia sudah lebih satu dekade menjadi produsen emas terbesar ketiga. Penghasilan emas di negara meningkat selama beberapa tahun terakhir menjadi 310 ton.

Rusia dilaporkan berencana untuk meningkatkan produksi emas tahunannya di 2020 dan terus meningkat sebagai upaya untuk menjadi produsen emas terbesar di dunia pada 2029.

4. Amerika Serikat

Produksi emas AS sempat mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir. Sekarang AS memproduksi emas sebesar 220 ton.

Sebagian emas di negara ini diproduksi lebih dari 40 tambang dengan beberapa tambang besar di Alaska dan sejumlah tambang yang lebih kecil di AS Barat. Cadangan emas di AS diperkirakan mencapai 3.000 MT.

5. Kanada

Pada tahun 2019 produksi emas di Kanada mengalami penurunan, namun negara ini mempertahankan statusnya sebagai penghasil emas terbesar ke lima.

Hingga saat ini Kanada memproduksi emas mencapai 180 ton.

6. Indonesia

Penghasil emas terakhir ada di negara kita Republik Indonesia. Indonesia tercatat sebagai penghasil emas terbesar didunia urutan ke enam.

Negara yang kaya akan rempah-rempah dan alamnya ini dapat menghasilkan 160 ton emas ternyata.

Setengah dari produksi emas negara ini berasal dari tambang Grasberg Freeport-McMoRan, tambang emas terbesar di dunia, yang diyakini memiliki cadangan emas terbesar secara global.

Itulah 6 daftar negara penghasil emas terbesar di dunia. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi tambahan ilmu buat kalian.

Tag : #emas    #negara penghasil emas    #china    #australia    #rusia    #indonesia    #ekonomi   

Baca Juga