Ilustrasi software penunjang skripsi

Mahasiswa Semester Akhir Merapat, Ini 5 Software Penunjang Skripsi yang Akan Memudahkanmu

Wanovy | Teknologi | 14-01-2022

PARBOABOA - Setiap mahasiswa tentunya tidak akan lepas dari suatu proses pengerjaan tugas akhir baik itu KTI (untuk mahasiswa D3), Skripsi (untuk mahasiswa S1), Tesis (untuk mahasiswa S2), maupun Disertasi (untuk mahasiswa S3).

Namun, tahukah kamu bahwa untuk mempermudah kamu dalam menyelesaikan tugas akhir tersebut ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan?

Dalam penyusunan skripsi ini, pastilah terdapat kendala dan syarat dalam penulisannya. Berikut ini merupakan software penunjang skripsi yang berhubungan dan memudahkan mahasiswa dalam menyusun skripsi.

1. Microsoft Word

Software penunjang skripsi yang pertama, pastinya sudah tak asing lagi dengan yang satu ini. Sebelum hadirnya software lain untuk menulis, Microsoft Word sudah hadir dahulu dan menjadi satu-satunya opsi yang ada.

2. Scriever

Jika kamu ingin mengerjakan skripsi selain di Microsoft Word, coba saja menggunakan Scriever. Dengan software penunjang skripsi ini, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak dan lebih lengkap lagi untuk keperluan menulismu. Tentunya fitur ini dapat membantu kamu untuk menata bagian-bagian skripsi dengan bagus.

Cara mengoperasikannya sangat mudah kok, karena user interfacenya juga enak dibaca. Jadi, jika mau beralih dari Microsoft Word, kamu wajib mencoba ini untuk mengerjakan tugas akhir dan segera cetak skripsi.

Hingga sekarang Word masih tetap dapat bertahan dan digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi, karena ia menyediakan fitur penulisan yang banyak dan mudah digunakan.

3. Mendeley

Mendeley merupakan sebuah software penunjang skripsi yang memiliki fungsi dan tujuan untuk mengelola sumber referensi dari sebuah karya tulis. Sebagaimana kita ketahui bahwa penulisan karya tulis ilmiah harus memuat bukti rujukan yang valid. Dalam menulisnya pun memiliki kaidah tertentu. Kamu tidak boleh asal saja menulis sumber referensi yang menjadi rujukanmu dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah.

Elseveir merupakan pengembang yang mengembangkan software ini. tujuan pengembangannya ialah memudahkan para akademisi dan mahasiswa untuk mengatur referensi. Adapun tujuan lainnya adalah menghindari penulis dari kesalahan lupa mencantumkan daftar rujukan tertentu.

4. SPSS

Software penunjang skripsi terbaik yang satu ini pasti akan memudahkanmu dalam mengerjakan tugas akhir. Jika pada Microsoft Office kita sudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk mendata dan menghitung statistik sederhana terhadap data penelitian yang diperoleh.

Nah, untuk aplikasi SPSS ini dapat membantu kamu untuk melakukan analisis data yang lebih rumit, khususnya bagi kamu yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.

Aplikasi SPSS ini dapat kamu gunakan untuk melakukan analisis validitas instrumen hingga analisis statistik inferensial pada data penelitian kamu. Tentunya analisis itu akan sedikit lebih sulit kamu lakukan jika melakukannya dengan menggunakan Microsoft Excel, terlebih jika kamu melakukan analisis secara manual.

Aplikasi SPSS ini sendiri bisa kamu dapatkan secara gratis, tapi sebelum melakukan instalasi cek dulu spesifikasi laptop atau PC mu. Jika spesifikasi perangkatmu masih rendah, jangan instal SPSS versi yang tinggi karena itu akan sangat memberatkan kinerja perangkatmu, instal saja versi yang lebih rendah karena fungsinya akan tetap sama, yang beda hanya di tampilan saja.

5.Turnitin

Perangkat lunak untuk cek plagiarisme ini pasti sudah sangat kental dengan mahasiswa yang lagi nyusun skripsi, nih. Bahkan, saat masih duduk bangku kuliah semester awal pun para dosen sudah memerintahkan mahasiswanya untuk memakai software ini sebagai syarat tugas semacam makalah atau karya tulis lainnya.

Menurut keterangan di akun resmi perpustakaan Monash University, Turnitin merupakan software penunjang skripsi terbaik untuk pencocokan teks yang digunakan untuk mengecek karya tulis terhadap teks elektronik dari internet.

Walaupun berbayar, software ini sudah menjadi keharusan untuk mengetahui dan mencegah plagiarisme dalam penulisan karya tulis, agar karya tulis yang dihasilkan terbukti keorisinalannya.

Demikianlah 5 software penunjang skripsi yang akan memudahkan kamu menggapai gelar sarjana. Tetap semangat dan semoga berhasil!

Tag : #aplikasi    #pendidikan    #skripsi    #mahasiswa   

Baca Juga