5.000 Detonator Bom Ikan Diamankan di Situbondo, 2 Pengirim Ditangkap

Krisna | Nasional | 11-11-2022

Polda Jatim Menangkap dua tersangka pengirim bahan detonator bom ikan dipelabuhan Jangkar, Pelabuhan Situbundo (Foto: Tribratanews)

PARBOABOA, Jawa Timur - Polda Jatim Menangkap dua tersangka pengirim bahan detonator bom ikan dipelabuhan Jangkar, Pelabuhan Situbundo, Jawa Timur, Rabu (9/11/2022). Dari tangan tersangka, polisi menemukan 5.000 bahan detonator bom ikan dan menyita dua buah ponsel milik tersangka serta sebuah kunci mobil Chevrolet warna merah.

"Memang benar bahwa tanggal 9 November hari Rabu kemarin sekitar pukul 16.00 WIB, anggota Polair berhasil mengungkap temuan kurang lebih 5.000 buah bahan detonator bom ikan. Jadi ini detonator bom ikan bahannya yang ditemukan di pelabuhan Situbondo," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, Kamis (10/11/2022).

Tetapi, pihaknya tidak menyebutkan siapa tersangka pengirim bom ikan itu. Dia menjelaskan bahwa detonator tersebut dibuat di Kepulauan Ra’as Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

"Yang diamankan ada 2 orang. Inisialnya nanti karena masih dalam pemeriksaan. Kemudian saya sedikit update terkait lokasi pembuatan detonator itu ada di hutan pulau Ra'as sana jauh," terangnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan, detonator bom ikan tersebut siap dipasarkan di wilayah Sulawesi hingga Kalimantan. Bom ikan yang ditemukan itu, lanjut dia, adalah bom peledak yang digunakan untuk menangkap ikan.

"Rencana detonator ini dijual ke wilayah Sulawesi dan Kalimantan. Sekali lagi ini detonator bahan bom ikan," jelasnya.

Lanjut dia, kedua pelaku itu merupakan seorang residivisi dengan kasus penjualan detonator bom ikan. Mereka sudah tiga kali ini ditangkap oleh polisi dengan kasus yang sama.

"Tersangka ini sebenarnya merupakan residivis pada tahun 2014. Yang bersangkutan juga divonis dengan kasus yang sama. Vonisnya 1 tahun 4 bulan. Kemudian tahun 2021 juga sama yang bersangkutan divonis 11 bulan hal yang sama. Melakukan perbuatan itu sudah 3 kali," pungkasnya.

Tag : #detonator bom    #bahan peledak ikan    #nasional    #situbondo    #   

Baca Juga