Filter Udara yang Sudah Kotor (Foto: GridOto)

Ketahui 5 Pertanda Filter Udara Motor Harus Diganti

Juni | Otomotif | 19-09-2022

PARBOABOA – Filter udara adalah komponen yang mempunyai jangka waktu pemakaian. Namun, sebagian pemilik kendaraan kurang mempedulikan hal tersebut.

Jika komponen motor yang satu ini bermasalah, maka akan menyebabkan performa berkurang. Lalu, kapan sebaiknya dilakukan penggantian filter udara? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Filter Udara Sudah Kotor

Salah satu gejala yang paling mudah untuk mengetahui masalah filter udara adalah tampilannya yang sudah kotor. Seiring waktu dan pemakaian, kontaminan udara akan menempel pada filter udara sehingga membuatnya berubah warna menjadi coklat kehitaman.

Sebuah pemeriksaan visual bisa lakukan untuk memastikan kondisi filter udara motor yang buruk. Jika muncul kontaminan seperti debu dan pasir, maka harus segera dibersihkan.

2. Mesin Sulit Dinyalakan

Jika motormu sulit dinyalakan, maka filter udara hal pertama yang harus diperiksa. Hal itu bisa jadi karena rasio udara yang lebih rendah dibandingkan bahan bakar atau bensin.

Saat rasio bensin terlalu banyak, akan menyebabkan mesin kebanjiran sehingga busi tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, mesin akan bermasalah saat dinyalakan.

3. Suara Mesin Lebih Kasar

Sebuah mesin dengan aliran oksigen yang bagus akan menghasilkan suara yang halus. Saat motor dinyalakan dan muncul getaran dari mesin, bisa jadi hal ini dipicu oleh kondisi filter udara yang buruk.

Penyebab utamanya adalah busi kotor yang dipicu karena terhambatnta aliran udara. Jika filter udara harus diganti, kondisi busi juga sebaiknya harus diperiksa. Malakukan penggantian pada dua suku cadang ini akan membuat suara mesin menjadi lebih halus.

4.  Knalpot Mengeluarkan Aspa Hitam

Ketika oksigen slit mencapai mesin, makan bensin tidak akan dibakar dengan rasio yang cocok. Hal ini dapat memicu bensin merembes dan keluar melalui knalpot. Kamu juga mungkin akan mendengar suara ledakan karena bensin terbakar lewat panas knalpot.

Masalah ini memicu sepeda motor menjadi boros bahan bakar dan beragam bahaya lainnya baik pada motor ataupun lingkungan. Pastikan agar memeriksa filter udara jika knalpot mengeluarkan asap yang tidak biasa.

5. Motor Boros Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya bisa menjadi pertanda adanya masalah. Filter udara berkontribusi pada efisiensi bahan bakar, karena filter udara yang kotor dapat menghambat aliran oksigen.

Agar tetap bisa berjalan, mesin harus membakar lebih banyak bensin untuk mengatasi kurangnya oksigen yang masuk.

Itulah tadi lima tanda-tanda filter udara motor harus diganti. Filter udara yang buruk dapat memicu banyak permasalahan pada motor. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan rutin untuk menjaga kondisi motor tetap prima.

Tag : #filter udara    #motor    #otomotif    #karburator    #saringan udara    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga