Pemilik stasiun TV (Foto: Istimewa)

5 Pemilik Stasiun Televisi Terkaya di Indonesia

Martha | Ekonomi | 31-01-2022

PARBOABOA – Tau gak siapa aja pendiri stasiun televisi di Indonesia dan berapa penghasil yang dapat mereka peroleh? Yuk cari tau dalam artikel berikut ini!

Tak banyak yang tau bahwa bisnis stasiun televisi merupakan industri padat modal yang memerlukan investasi dengan jumlah fantastis. Dari modal tersebut, dapat dipastikan bahwa mereka merupakan konglomerat papan atas.

Di Indonesia, sejumlah kepemilikan televisi saling terkait dengan bisnis media. Para pemilik televisi ini juga masuk dalam deretan orang-orang terkaya di Indonesia.

Dari pada penasaran, yuk simak 5 pemilik telivisi di Indonesia yang masuk dalam jajaran oarang kaya.

1. Harry Tanoe

Siapa sih yang tidak kenal dengan Harry Tanoe ?, Ia merupakan Ketua Umum Partai Perindo yang sudah memulai karir bisnisnya sejak lulus kuliah.

Tak hanyak menjadi Ketua Partai Perindo, ia juga memiliki lebih dari 60 perusahaan mulai dari stasiun televisi, radio, media online, dan koran. Sungguh hebat bukan!

Lewat MNC Group, dia mengendalikan stasiun televisi RCTI, MNC TV, dan Global TV.

Selain itu ia juga membangun resort di Bali dan Jawa Barat dengan menggandeng perusahaan milik Donal Trump. Dengan semua bisnis yang ia miliki, Harry mampunyai kekayaan sebesar US$950 juta.

2. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Saat ini, Eddy merupakan pengendali saham Emtek yang memiliki stasiun televisi SCTV, Indonesia, O Channel, dan TV kabel.

Eddy merupakan putra dari, Alvian Sariatmadja yang merupakan Presiden Direktur Emtek atau PT Elang Mahkota Teknologi. Ia juga mengambil alih kepemilikan stasiun televisi Indosiar yang sebelumnya milik Grup Salim.

Forbes mencatat, total kekayaannya sebesar 3,2 miliar dollar AS dan berada di urutan ke-1023 orang paling kaya di dunia. Sementara di Indonesia, posisinya di urutan ketujuh.

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung, yang akrab disapa CP merupakan pendiri CT Corp yang mewadahi perusahaan media, bisnis ritel, dan perbankan.

Kini perusahaan yang ia miliki mulai dari Transmart Carrefour, Bank Mega, Trans TV, Trans 7, dan Trans Studio. Bukan hanya itu saja ia juga merambah ke bisnis restoran, asuransi, travel, hingga perkebunan kelapa sawit.

Chairul Tanjung berada di urutak ke 5 orang terkaya di Indonesia dan total kekayaannya mencapai US$4,2 miliar.

4. Peter Sondakh

Sosok yang ke empat merupakan orang yang sudah lama memulai bisnis di pertelevisian. Peter Sondakh merupakan pendiri televisi Rajawali Televisi (RTV) yang sebelumnya bernama B Channel.

Ia sempat berkongsi dengan putra Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo, pada 1987 dan ikut mendirikan stasiun televisi swasta pertama di Indonesia yakni Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).

Menurut Forbes, total kekayaan bersihnya saat ini sebesar US$1,5 miliar.

5. Mochtar Riady

Mochtar Riady merupakan mertua dari Dato Sri Tahir. Ia juga merupakan pendiri Grup Lippo. Pria asal Malang ini merambah bisnis media lewat konglomerasi Berita Satu Holding.

Berita Satu Holding atau dikenal dengan nama Berita Satu Media merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media di bawah Grup Lippo.

Selain televisi, media lain yang dikelola antara lain surat kabar Suara Pembaruan dan Investor Daily.

Itulah beberapa pemilik stasiun terlevisi di Indonesia sekaligus orang terkaya yang memiliki sejumlah bisnis.

Tag : #stasiun televisi    #terkaya    #harry tanoe    #chairul tanjung   

Baca Juga