5 Negara Favorit Juara Piala Dunia 2022 Qatar

Michael | Sepakbola | 10-11-2022

FIFA World Cup 2022 Qatar (Foto: Parboaboa/Felix)

PARBOABOA – Tidak lama lagi, 32 negara dari seluruh dunia akan berkumpul di Qatar untuk bertarung dalam salah satu turnamen sepak bola paling menarik perhatian. Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 20 November 2022 yang diawali dengan penyisihan grup dan akan berlangsung kurang sebulan sebelum akhirnya menemukan tim yang menjadi juara.

Sejumlah negara menjadi favorit juara di Piala Dunia 2022. Ini berdasarkan sejumlah faktor, mulai dari catatan sejarah hingga kedalaman skuad. Dilansir dari Legal Sports Report, berikut ini adalah 5 negara yang menjadi favorit juara di Piala Dunia 2022:

1. Brasil

Brasil menjadi favorit di turnamen tahun ini. Ini memiliki tulang punggung yang kuat untuk timnya, dari kiper terbaik dunia, Alisson Becker, superstar Neymar Jr hingga bintang muda fenomenal yang sedang naik daun, Vinícius Júnior.

Meskipun telah memenangkan lebih banyak gelar juara Piala Dunia daripada negara lain, namun reputasi Brasil masih belum pulih dari kekalahan brutal 1-7 dari Jerman di semifinal Piala Dunia 2014.

Tapi kini Brasil menunjukkan performa gemilang di babak kualifikasi CONMEBOL. Mereka meraih tiket ke Piala Dunia dengan penampilan di babak kualifikasi yang solid yang membuat mereka berada di puncak grup klasemen kualifikasi.

2. Argentina

Argentina juga menjadi favorit di Piala Dunia tahun ini, karena beberapa alasan. Hubungan antara lini tengah tim dan lini depan sedang dalam puncaknya saat ini. Argentina juga kini memiliki rekor 35 pertandingan tak terkalahkan.

Argentina juga sedang percaya diri tinggi pasca kemenangan telak 3-0 Argentina atas Italia di CONMEBOL/UEFA Finalissima pada bulan Juni 2022 lalu. Ini ajang yang mempertemukan jawara Copa America dan Piala Eropa.

Ditambah ini akan menjadi Piala Dunia terakhir Lionel Messi. Pengalamannya bisa menjadi katalis dalam membawa pulang trofi Piala Dunia ke Argentina untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1986.

Meski demikian, kelemahan ada di di sisi pertahanan Argentina. Di mana, jika tim lawan mencoba menembus dengan mengandalkan kecepatan, Argentina disinyalir kemungkinan akan kesulitan.

3. Prancis

Prancis berstatus juara bertahan. Di sisi lain, Prancis juga tak terkalahkan di babak kualifikasi dan lolos relatif dengan mudah. Tim ini memiliki banyak talenta muda, tetapi mereka juga baka diperkuat para pemain jawara 2018.

Pemain depan bintang Kylian Mbappé membantu tim meraih trofi juara pada tahun 2018. Dan kini Mbappe menjadi lebih berbahaya yang menjadikannya salah satu pemain paling berbakat di turnamen ini.

Sejak kemenangannya di Piala Dunia 2018, Prancis juga memenangkan trofi UEFA Nations League 2020-21 setelah mengalahkan Spanyol di pertandingan final.

4. Spanyol

Spanyol juga tidak asing dengan gelar Piala Dunia, setelah memenangkannya pada tahun 2010 dengan kemenangan 1-0 atas Belanda. Spanyol tampil di UEFA Nations League yang solid tahun ini, meskipun kalah dari Prancis di final, ia lolos tanpa masalah.

Spanyol saat ini memang bukan tim yang sama dari era 2008-2012 saat mereka dua kali juara Piala Eropa dan satu Piala Dunia. Ketika itu bisa dibilang Spanyol salah satu tim paling berbakat dalam sejarah sepakbola dunia.

Namun saat ini ada beberapa pemain muda Barcelona yang membangun reputasi mereka. Di antaranya: Pedri, Gavi dan Torres. Jordi Alba juga salah satu bek luar terbaik saat ini yang akan membantu mengunci pertahanan dan mendistribusikan bola melalui Rodri di lini tengah.

5. Jerman

Jerman akan memulai Piala Dunia dengan bermain melawan Spanyol di pertandingan kedua penyisihan grup. Ini akan menjadi salah satu bigmatch di fase penyisihan grup Piala Dunia 2022 yang paling dinantikan pecinta sepakbola.

Terakhir kali kedua tim bersua adalah November 2020, ketika Spanyol secara mengejutkan berhasil memukul Jerman dengan skor telak 6-0 di UEFA Nations League. Ini menjadi kekalahan terbesar Jerman sejak 1931.

Kelemahan Jerman saat ini adalah kesulitan menjaga konsistensi. Meski demikian, reputasi sebagai Spesialis Turnamen membuat Jerman tidak bisa disingkirkan dari deretan favorit juara.

Jerman juga tentu bertekad mengulangi sukses 2014, saat mereka membawa pulang gelar juara Piala Dunia keempat. Selain membantai Brasil di semifinal, Jerman juga sukses  mengalahkan Argentina yang dipimpin Lionel Messi di final.

Tag : #fifa    #piala dunia 2022    #sepakbola    #timnas brasil    #timnas prancis    #timnas argentina    #timnas spanyol    #timnas jerman   

Baca Juga