Trofi Piala Dunia (Foto: FIFA.com)

5 Negara Asal Afrika dengan Prestasi Luar Biasa Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Michael | Sepakbola | 12-08-2022

PARBOABOA – Dalam sejarah Piala Dunia, tim-tim asal Afrika belum bisa banyak berbicara. Jika ada wakil Asia yang pernah mencapai semifinal, maka belum ada wakil Afrika yang mampu menyamai prestasi ini.

Korea Selatan adalah wakil Asia yang mampu meloloskan diri hingga ke babak semifinal di Piala Dunia 2022. Ada sejumlah wakil asal Afrika yang sebenarnya hampir saja menyamai pencapaian dari wakil Asia ini.

Setidaknya ada 5 negara asal Afrika yang mampu mencatatkan sejarah terbaiknya di Piala Dunia. Mereka bermain luar biasa sejak penyisihan grup hingga babak gugur.

Bahkan para wakil Afrika ini mampu menyingkirkan tim-tim unggulan di Piala Dunia. Sayangnya, mereka belum bisa menembus babak empat besar.

Berikut ini adalah 5 negara asal Afrika yang mampu menunjukkan prestasi terbaik dalam sejarah Piala Dunia. Publik juga menganggap momen tersebut sebagai dongeng di ajang tertinggi sepak bola dunia ini.

1. Aljazair (Piala Dunia 1982)

Aljazair mampu membuat kejutan pada Piala Dunia 1982 saat satu grup dengan Jerman Barat, Austria, dan Chile. Mereka mampu menyingkirkan tim kuat Jerman Barat serta Chile dan kalah dari Austria.

Peluang lolos ke babak selanjutnya terbuka bagi Rabah Madjer dan kawan-kawan. Sayangnya pada laga terakhir, Jerman Barat dan Austria terlihat seperti membuat kesepakatan.

Di akhir klasemen, Jerman Barat, Austria dan Aljazair mengumpulkan nilai yang sama yakni 4 poin, Namun karena kalah selisih gol, Aljazair akhirnya tersingkir.

2. Nigeria (Piala Dunia 1994)

Nigeria merupakan tim debutan pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Meski debutan, Nigeria mampu menang telak 3-0 pada laga pertama kontra Bulgaria.

Meski baru pertama tampil di ajang Piala Dunia, Nigeria mampu menjadi juara grup. Nigeria berhasil mengalahkan Bulgaria, kemudian kalah dari Argentina dan menang atas Yunani.

Sayangnya, Emmanuel Amuneke dan kawan-kawan kurang beruntung saat berjumpa Italia di babak 16 besar. Tim asuhan pelatih asal Belanda, Clemens Westerhof, ini kalah 1-2 melalui babak perpanjangan waktu.

3. Ghana (Piala Dunia 2010)

Ghana hampir saja membuat sejarah dengan menjadi tim pertama asal Afrika yang lolos ke semifinal Piala Dunia. Ghana tampil bagus di babak penyisihan grup meski hanya mencatat sekali kemenangan, satu kali imbang dan satu kekalahan.

Mereka menemani Jerman untuk lolos ke babak 16 besar. Ghana menang atas Amerika Serikat melalui babak perpanjangan waktu dan melaju ke babak perempat final.

Sayangnya, ketika berjumpa Uruguay di perempat final, Asamoah Gyan gagal mencetak gol melalui tendangan penalti setelah Luis Suarez menyentuh bola di penghujung laga. Ghana akhirnya kalah melalui babak adu penalti.

4. Senegal (Piala Dunia 2002)

Tidak hanya Ghana, Senegal juga hampir ke semifinal Piala Dunia. Senegal mampu mengalahkan juara bertahan Prancis pada babak penyisihan grup bahkan memulangkannya.

Momen ini mebuat El-Hadji Diouf dan kawan-kawan bersemangat hingga lolos ke 16 besar untuk menghadapi Swedia. Mereka menang melalui babak perpanjangan waktu dan menantang tim kejutan yang lain, Turki.

Sayangnya tim asuhan Bruno Metsu ini gagal melanjutkan mimpinya. Mereka kalah dari Turki pada laga yang berlanjut hingga perpanjangan waktu.

5. Kamerun (Piala Dunia 1990)

Kamerun berhasil mencuri perhatian di Piala Dunia 1990. Mereka berada di grup neraka karena harus bertarung dengan tim kuat, Argentina, Rumania, dan Uni Soviet.

Roger Mila dan kawan-kawan bahkan mengalahkan juara bertahan Argentina pada laga pertamanya. Kemudian mengalahkan Rumania dan kalah telak dari Uni Soviet.

Kamerun berhasil menang lagi dan Kolombia di babak 16 besar. Sayangnya, mereka gagal ke semifinal setelah kalah tipis 2-3 dari Inggris.

Sumber: Planet Football, Bola.com, dan berbagai sumber lainnya
 

Tag : #fifa    #piala dunia 2022    #sepakbola    #kamerun    #nigeria    #ghana    #senegal    #aljazair   

Baca Juga