5 Legenda Sepak Bola yang Tidak Pernah Bermain di Piala Dunia

Penulis : Michael | Sepakbola | 19-11-2022

George Best merupakan salah satu legenda sepak bola yang tidak pernah tampil di Piala Dunia (Foto: Getty Images)

PARBOABOA – Sebagai kompetisi tertinggi sepak bola dunia, tidak semua pemain hebat pernah merasakan Piala Dunia. Berikut lima legenda sepak bola yang tidak pernah bermain di Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi ke-22. Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Jadwal Piala Dunia dimulai pada 23 November 2022 yang dibuka dengan pertandingan Qatar vs Ekuador.

Sejak edisi Piala Dunia pertama kali bergulir pada 1930, nama-nama pemain hebat bermunculan silih berganti. Setiap penyelenggaran Piala Dunia akan menjadi panggung bagi pemain top untuk menunjukkan kualitasnya.

Beberapa sosok legendary seperti Pele, Maradona, Zinedine Zidane, Ronaldinho, Lionel Messi, hingga Cristiano Ronaldo besar bersama Piala Dunia di eranya masing-masing.

Namun tidak semua pemain hebat, pernah merasakan megah dan riuhnya Piala Dunia saat masih aktif bermain. Berikut lima legenda sepak bola yang tidak pernah bermain di Piala Dunia.

1. George Best (Irlandia Utara)

George Best yang berjaya bersama Manchester United ternyata tidak pernah tampil di Piala Dunia selama karier profesionalnya.

Best adalah pemain timnas Irlandia Utara. Negara yang kurang kompetitif memaksa Best tidak bisa tampil di panggung tertinggi sekelas Piala Dunia.

Irlandia Utara sebenarnya lolos Piala Dunia 1982 dan 1986. Namun saat itu, Best tidak termasuk ke dalam skuad timnas karena sudah terlalu tua dan kerap dibekap cedera.

2. Alfredo Di Stefano (Argentina, Kolombia, dan Spanyol)

Alfredo Di Stefano sama sekali tidak pernah tampil di Piala Dunia. Bukan karena performa yang buruk, melainkan karena tidak beruntung.

Legenda Real Madrid gagal tampil di Piala Dunia 1950 dan 1954 karena Argentina mundur dari kualifikasi. Ia pindah kewarganegaraan ke Kolombia, kemudian beralih lagi ke Spanyol.

Namun saat berhasil membawa Spanyol ke putaran final Piala Dunia 1962, Di Stefano dibekap cedera parah. Itu membuat dirinya gagal tampil di Piala Dunia hingga pensiun sebagai pesepakbola.

3. George Weah (Liberia)

Dianggap sebagai salah satu pemain Afrika terbaik sepanjang masa. George Weah ternyata tidak pernah sekalipun tampil di Piala Dunia.

Negara asal Weah, Liberia, tidak pernah lolos ke Piala Dunia. Status Weah sebagai pemain bintang tidak mampu membawa Timnas Liberia ke panggung tertinggi.

Padahal Weah Berjaya bersama berbagai klub Eropa seperti AS Monaco, PSG, hingga memenangkan Ballon d’Or ketika berseragam AC Milan. Weah yang kini menjadi Presiden Liberia masih menjadi satu-satunya pemain Afrika yang mampu meraih Ballon d’Or.

4. Eric Cantona (Prancis)

Legenda Manchester United lainnya, Eric Cantona juga tidak pernah tampil di Piala Dunia. Padahal di level klub namanya sangat dielu-elukan.

Cantona seharusnya bisa tampil di dua edisi Piala Dunia. Ia yang bertanggungjawab sebagai kapten, gagal membawa Prancis lolos Piala Dunia 1994.

Pemain yang identik dengan kerah baju terangkat itu semestinya bisa tampil di Piala Dunia 1998. Namun cedera memaksanya kembali gagal hadir di Piala Dunia.

5. Ryan Giggs (Wales)

Masih dari Manchester United, Ryan Giggs adalah salah satu legenda sepak bola yang tidak pernah mencicipi Piala Dunia.

Giggs yang membela timnas Wales, sebenarnya hampir tampil di Piala Dunia 1994. Namun mereka kalah di laga penentuan dalam kualifikasi.

Wales tidak pernah lolos ke Piala Dunia selama Giggs masih aktif bermain. Namun di Piala Dunia 2022, akhirnya Wales akan tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Editor : -

Tag : #piala dunia 2022    #fifa    #sepakbola    #george best    #alfredo di stefano    #eric cantona    #ryan giggs    #george weah   

Baca Juga