Jangan Sampai Salah Pasang, Kenali 5 Jenis Spoiler Mobil

Juni | Otomotif | 05-09-2022

Fungsi Spoiler Mobil (Foto: fvd.net)

PARBOABOA – Para penggemar mobil balap tentu sudah tak asing lagi dengan spoiler. Kehadiran komponen mobil yang satu ini akan membuat tampilan mobil lebih sporty.

Selain menambah estetika, pemasangan spoiler juga memiliki pengaruh terhadap aerodinamika pada mobil, terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Tahukah kamu, spoiler mobil ternyata terdiri dari beberapa jenis. Apa saja itu? simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Front Spoiler

Sesuai dengan namanya, front spoiler berada di depan mobil tepatnya di bagian bumper. Hal ini bertujuan agar bodi mobil semakin dekat dengan tanah sehingga memperkecil aliran udara dari bawah.

Saat melaju dengan kecepatan tinggi, mobil akan melayang sehingga sulit dikendalikan. Keberadaan spoiler di bagian bumper depan ini berfungsi untuk mengimbangi spoiler belakang, sehingga keseimbangan mobil tetap terjaga.

2. Rear Spoiler

Rear spoiler atau spoiler belakang adalah jenis spoiler yang paling sering kamu lihat berada di belakang bodi mobil. Spoiler mobil jenis ini biasa digunakan pada mobil sedan, mobil racing, hatchback, hingga supercar.

Pada mobil sedan dan mobil racing, spoiler dipasang di atas bagasi belakang mobil. Sementara itu, pada mobil hatchback, spoiler dipasang di atas kaca belakang.

3. Lip Spoiler

Jenis spoiler mobil yang satu ini biasa dipasangkan pada mobil sedan dan hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan mobil saja. Pemasangan Lip Spoiler dapat dilakukan pada bodi mobil bagian belakang dan bumper depan.

Karena hanya untuk menambah estetika saja, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saat akan memasang Lip Spoiler.

4. Wing Spoiler

Wing spoiler adalah jenis spoiler yang umum dipakai pada mobil sport atau supercar. Bentuk spoiler jenis ini lebih besar dan terdapat ruang antara bodi mobil dengan spoiler yang memberikan tekanan lebih tinggi dibanding spoiler lainnya.

Pemasangan spoiler pada mobil sport bukan hanya berfungsi untuk memberikan tekanan saja, tapi juga mengalirkan udara yang masuk ke komponen-komponen yang mudah panas agar suhunya tetap terjaga.

5. Pedestal Spoiler

Pedestal spoiler banyak ditemukan pada mobil jenis hatchback. Memiliki bentuk yang pipih dan simpel, spoiler mobil jenis ini tidak hanya untuk mempercantik tampilan saja, tapi juga memiliki fungsi yang sama dengan spoiler lainnya.

Pedestal spoiler hadir dengan warna yang beragam, bisa sama dengan warna bodi mobil atau warna lain yang sesuai dengan seleramu, agar tampilan mobil terlihat lebih gahar.

Itulah tadi beberapa jenis spoiler mobil yang

Bagaimana, tertarik untuk memodifikasi spoiler mobil Anda agar terlihat lebih sporty? Pastikan untuk memilih spoiler yang sesuai dengan jenis mobilmu ya.

Tag : #spoiler    #mobil    #otomotif    #modifikasi    #komponen mobil    #tips   

Baca Juga