5 Cara Mengatasi Sinyal yang Lemot saat Hujan untuk Smartphone

Penulis : Ester | Teknologi | 16-11-2022

Cara Mengatasi Sinyal Lemot saat Hujan (Foto: Parboaboa/Ester)

PARBOABOA – Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja sinyal di dalam ponsel kita terlebih smartphone adalah cuaca. Sering sekali kita merasa bahwa sinyal di dalam smartphone akan lebih lambat atau lemot saat hujan.

Hal itu tentu akan sangat membuat kita jengkel dan kesal, terlebih ketika kita tengah bermain game atau pun mendengarkan musik yang sedang viral di Tiktok, seperti Kill Bill -  SZA.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ada banyak alasan mengapa sinyal lemot kerap terjadi saat hujan datang. Beberapa penjelasan ilmiah mengapa sinyal smartphone kerap lemot saat hujan adalah

1. Sinyal terhalang oleh hujan

Pernyataan yang kerap kita dengar mengenai cuaca buruk dapat mempengaruhi sinyal internet adalah benar. Hal itu terjadi karena sinyal internet yang terpancar akan terhalang oleh rintikan air hujan, sehingga membuat kecepatan internet akan melambat.

2. Sinyal mengikuti arah angin

Penjelasan selanjutnya mengenai mengapa hujan dapat menjadi salah satu alasan sinyal lemot di dalam smartphone atau HP Samsung terbaru kita adalah karena sinyal biasanya mengikuti arah angin. Sehingga, ketika hujan disertai angin kencang maka sinyal jaringan internet akan melambat dan tidak beraturan.

3. Sinyal terhalang oleh ion

Saat hujan datang disertai dengan angin kencang bahkan berpotensi badai, maka atmosfer di udara akan melepaskan ion-ion yang dapat mengggangu penerimaan sinyal. Selain itu, kondisi ini juga menjadi salah satu faktor terhalangnya berbagai macam gelombang radio.

Nah, untuk mengatasi sinyal lemot akibat hujan yang sering terjadi di dalam smartphone kita, maka kamu dapat mencoba cara mengatasi sinyal lemot saat hujan di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Lemot saat Hujan

1. Reset

Cara mengatasi sinyal lemot saat hujan yang pertama adalah dengan mereset ponsel kamu terlebih dahulu. Langkah ini merupakan salah satu pertolongan pertama agar ponsel kamu dapat memperoleh sinyal internet dengan lebih cepat.

Jika kamu menggunkan koneksi WiFi, maka kamu dapat mematikan router selama 30 menit terlebih dahulu lalu menghidupkan kembali.

2. Hapus Cache

Cara selanjutnya dalam mengatasi sinyal lemot adalah dengan menghapus seluruh cache atau riwayat di dalam smartphone kamu. Banyaknya cache di dalam smartphone dapat memperlambat kinerja ponsel kamu dan membuat koneksi internet semakin buruk.

Ditambah dengan cuaca buruk yang menghambat lancarnya sinyal, tentu hal itu dapat membuat kinerja ponsel semakin lambat.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat

Salah satu cara mengatasi sinyal lemot saat hujan yang paling ampuh adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode). Fitur ini dapat membantu ponsel dalam mereset ulang sinyal yang terganggu agar dapat mendapatkan sinyal yang lebih bagus.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu cukup mengaktifkan fitur mode pesawat selama beberapa menit lalu non aktifkan kembali. Selain dapat mendapatkan sinyal yang lebih kuat, fitur mode pesawat juga memiliki manfaat lain yang wajib kamu ketahui.

4. Menggunakan VPN

Cara selanjutnya untuk mengatasi sinyal lemot saat hujan adalah dengan menggunakan layanan tambahan yakni VPN. Dengan menggunakan VPN, ponsel yang kamu gunakan akan dihubungkan dengan server yang tidak terlalu ramai dan membuat koneksi internet kamu lebih cepat meski saat hujan.

5. Mengubah Posisi Router

Posisi router juga ternyata dapat mempengaruhi koneksi yang ada di dalam ponsel kamu. Sebaiknya, letakkan router ke area yang tidak terhalang tembok atau benda lainnya guna membuat koneksi yang baik ke smartphone kamu.

Dengan begitu, sinyal yang ada di dalam ponsel saat hujan atau bakan angin kencang juga tidak akan lemot.

Nah, itulah 5 cara mengatasi sinyal lemot saat hujan yang dapat kamu coba di dalam smartphone atau ponsel kamu. Cara di atas juga sudah sering digunakan banyak orang guna mengatasi sinyal lemot di dalam ponsel mereka. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Editor : -

Tag : #smartphone    #sinyal    #teknologi    #ponsel    #jaringan    #wifi    #data    #mode pesawat    #hujan   

Baca Juga