Logo Timnas Inggris (Foto: jogja.tribunnews.com)

4 Pemain Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Timnas Inggris

Michael | Sepakbola | 30-09-2022

PARBOABOA – Timnas Inggris selalu mempunyai striker yang produktif untuk mencetak gol. Mulai dari Gary Lineker, Michael Owen, Wayne Rooney hingga saat ini ada sosok Harry Kane. Harry Kane mempunyai kans besar untuk mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Inggris, melewati catatan Wayne Rooney.

Harry Kane mencetak satu gol saat timnas Inggris berjumpa Jerman pada matchday terakhir Grup 3 UEFA Nations League A 2022/23. Satu gol itu membuat catatan gol Kane bersama The Three Lions menjadi 51 gol.

Bermain di Stadion Wembley, pada Selasa (27/9/2022) dini hari WIB, duel Inggris vs Jerman berlangsung seru. Inggris sempat tertinggal 0-2 dari Jerman. Namun, reaksi ditunjukkan armada Gareth Southgate membuat laga berakhir dengan skor 3-3.

Pesta enam gol kali ini dibuka oleh Ilkay Gundogan (52'), dua gol Jerman berikutnya dicetak oleh Kai Havertz (67', 87'). Tiga gol Inggris datang dari aksi Luke Shaw (71'), Mason Mount (75'), dan Harry Kane (83').

Kembali ke Harry Kane, kini jumlah golnya bersama Inggris sudah mencapai angka 51. Termasuk Harry Kane, berikut empat pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Timnas Inggris. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Gary Lineker (48 gol)

Gary Lineker menjalani masa emasnya bersama timnas Inggris ketika meraih Golden Boot di Piala Dunia 1986, dengan catatan enam gol. Sayang, The Three Lions gagal meraih juara usai dikalahkan 'gol tangan Tuhan' Diego Maradona di final.

Mantan pesepak bola yang kini menjalani profesi sebagai pundit berhasil menyarangkan 48 gol ke gawang lawan timnas Inggris pada masa-masa aktif membela Timnas Inggris. Lineker juga pernah menciptakan hattrick tercepat dalam sejarah Inggris, ketika Three Lions melawan Polandia pada gelaran Piala Dunia tahun 1986.

Bobby Charlton (49 gol)

Deretan top skor Inggris selanjutnya adalah legenda hidup Manchester United, Sir Bobby Charlton. Dia dianggap sebagai salah satu generasi emas milik Inggris yang memberikan gelar juara Piala Dunia 1966.

Uniknya, Bobby Charlton semasa bermain berposisi gelandang. Namun, ia dibekali dengan insting gol yang tajam selain skill yang mumpuni. Pria berusia 84 tahun ini sudah menorehkan 49 gol dari 106 penampilan bersama timnas Inggris.

Bobby Charlton juga bermain di ajang Piala Dunia sebanyak empat kali selama membela panji timnas Inggris.

Harry Kane (51 gol)

Tambahan satu golnya pada partai melawan Jerman membuat Harry Kane menjadi pemain aktif yang paling dekat dengan rekor gol Wayne Rooney. Kane sudah mengemas 51 gol dari 73 caps bersama timnas Inggris.

Kane punya kesempatan besar untuk melewati torehan gol eks pemain Manchester United. Kane masih aktif bermain dalam performa terbaik. Kane juga baru berusia 29 tahun.

Kane, jika terus dalam performa yang bagus, punya peluang melewati catatan gol Rooney pada Piala Dunia 2022 nanti. Jika itu terjadi, maka Kane bakal punya kenangan yang manis di Piala Dunia.

Wayne Rooney (53 gol)

Daftar pencetak gol terbanyak Timnas Inggris yang pertama adalah Wayne Rooney. Dia menjadi top skor sepanjang masa skuat The Three Lions dengan koleksi 53 gol dari 120 caps.

Meski demikian, Rooney belum mampu membawa Inggris mencapai puncak kejayaan. Sebab, Rooney tak pernah sekalipun menyumbangkan gol pada ajang Piala Dunia.

Ketajaman Rooney juga terbukti jika melihat statistiknya di level klub. Dia mencetak 253 gol dari 559 penampilan lintas ajang. Rooney kemudian pensiun pada Januari 2021 usai ditunjuk menjadi manajer Derby County.

Tag : #piala dunia 2022    #inggris    #sepakbola    #wayne rooney    #harry kane    #michael owen    #liga inggris    #manchester united   

Baca Juga