Ilustrasi Cacar Monyet (Foto: Kompas.com/Shutterstock)

Setelah Perjalanan dari Jakarta, 2 Warga Makassar Diduga Terpapar Cacar Monyet

Maesa | Nasional | 23-08-2022

PARBOABOA, Jakarta -  2 warga Makassar diduga mengalami gejala Cacar Monyet atau bisa disebut juga dengan Monkeypox. Warga tersebut telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pendidikan Unhas Makassar dan Rumah Sakit Umum Provinsi Sulawesi Selatan Labuang Baji.

"Iya ada dua orang dirawat di RS Unhas dan Labuang Baji. Baru dugaan suspek (cacar monyet)," kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Sulsel, Erwan Tri Sulistyo, Selasa (23/8).

Erwan menyatakan setelah pihaknya mendapatkan informasi bahwa adanya warga yang mengalami gejala Cacar Monyet langsung melakukan pemeriksaan dengan mengambil sempelnya untuk diperiksa di Jakarta.

"Itu belum dapat dipastikan, kita baru ambil sampelnya lalu kita kirim ke Jakarta. Belum terkonfirmasi," ungkap Erwin.

Erwin juga menjelaskan, bahwa 2 warga yang terpapar gejala Cacar Monyet telah melakukan perjalanan dari Jakarta.

"Pasien itu pria berusia 36 tahun, dia dari Jakarta setelan itu yang bersangkutan merasa tidak nyaman di badannya," kata Erwan.

2 warga tersebut merasakan tidak nyaman pada tubuhnya dan langsung memeriksakan diri ke dokter, namun setelah itu ia tidak merasakan perubahan apapun.

"Di tubuhnya ada seperti ruam, kemudian pergi berobat ke dokter, tapi tidak ada perubahan, sehingga di ke RS Unhas. Di situ dinyatakan sebagai diduga mengalami gejala Monkeypox," tutur Erwin.

Tag : #cacar monyet    #makasar    #nasional    #monkeypox    #rs unhas    #labuang baji   

Baca Juga