Tempat wisata kuliner di Medan, Sumater Utara : Durian Ucok Medan

Liburan ke Medan? Ini 10 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Legendaris dan Enak

Wanovy | Travel | 05-01-2022

PARBOABOA, MEDAN - Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang cukup populer. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara ini bisa dikatakan sebagai pintu gerbang pariwisata dari sisi barat Indonesia.

Keragaman budayanya yang khas menjadikan Medan selalu dilirik oleh para wisatawan mancanegara. Seperti Danau Toba beserta Pulau Samosirnya yang selalu membuat jatuh cinta bagi setiap yang melihatnya.

Tak hanya pariwisatanya, aneka kuliner yang dimiliki tanah Batak inipun turut menjadi daya tarik tersendiri.

Mau tahu apa aja kuliner yang dimiliki Medan? Yuk, simak rekomendasi tempat wisata kuliner di Medan berikut.

1. Kuliner Malam di Merdeka Walk

Selain sebagai tempat kuliner terbesar di Medan, Merdeka Walk mudah dijangkau. Karena lokasinya persis di depan Hotel Grand Aston.

Merdeka Walk disebut sebagai pusat wisata kuliner Medan hits karena banyaknya pedagang makanan di sini, 30 outlet. Jadi, di sini tempat yang pas untuk kamu berburu makanan apa saja. Makanan yang lagi kekinian juga ada loh.

Contoh: soto, lontong sayur, sushi, steak, bahkan aneka jajanan juga ada. Karena ada banyak pilihan makanan, harga makanan di sini bervariasi antara Rp5.000-Rp100.000.

Selain sebagai pusat kuliner malam Medan, Merdeka Walk juga kerap menjadi tempat nongkrong seru para anak muda. Misalnya lomba nari atau dance, nonton bareng bola, dan lomba band.

Alamat: Jl. Balai Kota, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20231

2. Kedai Ucok Durian

Liburan ke Medan, tak lengkap jika belum mencoba durian di Kedai Ucok atau Pak Zainal Abidin. Kedainya terletak di Jalan KH Wahid Hasyim No 30-32 dan sudah terkenal di kalangan artis ibu kota hingga pejabat negara.

Saking terkenalnya, Presiden Joko Widodo juga pernah mampir ke sini. Warung yang memiliki tagline ‘Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian’ ini tak hanya menawarkan durian kupas, tapi juga pancake, durian beku, serta es krim durian. Rasanya nikmat dengan kualitas buah yang terbaik.

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.68, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20152.

3. Sate Memeng

Salah satu tempat wisata kuliner di Medan yang paling terkenal dan wajib dicoba adalah Sate Memeng.

Sate Memeng yang sudah ada sejak tahun 1945 ini terkenal dengan ukuran daging sate yang besar. Meski ukurannya jumbo, kematangan sate ini merata hingga bagian terdalam.

Belum lagi bumbunya yang khas dan sedap di lidah menjadikan Sate Memeng sebagai salah satu destinasi kuliner yang terkenal. Kamu juga bisa milih jenis dagingnya. Ada daging sapi, kambing, dan ayam yang pasti enak semua.

Alamat: Jl. Irian Barat nomor 1 Gang Buntu, Medan Timur, Sumatera Utara

4. Bakmie Hong Seng

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Medan yang berikutnya adalah Bakmie Hong Seng.

Berdiri sejak tahun 1932, boleh dibilang kalau Bakmi Hock Seng adalah salah satu legenda bakmie di Medan. Mempunyai 2 cabang, satu di Jalan Gwangju dan satu lagi di Cemara Asri, rasa hidangan kedua gerai ini tak jauh berbeda karena berasal dari 1 warisan resep yang sama.

Alamat: Jl. Komp Cemara Asri Jln. Boulevard Timur Blok Q5 No 88J, Sumatera Utara

5. RM Soto Sinar Pagi

RM Soto Sinar Pagi menjadi salah satu rekomendasi tempat kuliner di Medan jika kamu ingin makan soto. Rumah makan ini berdiri sejak 1960an dan menyediakan varian soto sapi atau ayam.

Kisaran harga Soto Sinar Pagi Rp 45.000 seporsi. Ada nasi putih, soto daging, dan perkedel. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 14.30 WIB.

Alamat: Jl. Sei Deli, Silalas, Kota Medan, Sumatera Utara

6. Mie Sop Methodist

Mie Sop ini juga dikenal dengan nama Bakso Methodist. Disebut demikian karena kuliner Medan ini dulunya berada di samping kampus Universitas Methodist Indonesia.

Seporsi bakso kuliner legendaris Medan ini terdiri dari bola daging, mie kuning, bihun, kwetiau, kecambah, jeroan serta irisan daging. Belum lagi kaldunya yang bearoma sedap. Porsinya memang besar, tapi kamu bisa memesan setengah. Makin penasaran kan?

Alamat: Jl. T. Cik Ditiro, Kota Medan, Sumatera Utara

7. Lontong Sayur Kak Lin

Rekomendasi tempat wisata kuliner yang selanjutnya adalah buat kamu yang ingin mendapatkan sensai sarapan sarapan yang beda. Ya, Lonting Sayur Kak Lin.

Lokasi tempat makan yang nyaman membuat pengunjung betah berada disini. Selain itu, terdapat beberapa sajian. Pertama dan paling favorit adalah lontong pecal.

Sementara dilihat dari tampilannya, lontong ini mirip pecel atau gado-gado yang berpadu dengan kuah kental yang gurih. Rasanya enak, gurih, juga pedas. Agar makin mantap jika kamu padukan dengan sate kerang.

Misal kamu kurang suka, kamu juga bisa memilih lontong sayur biasa, lupis, atau nasi gurih. Untuk kisaran harganya bersahabat banget, yakni antara Rp10.000-Rp20.000 saja.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

8. Martabak Piring Murni

Sudah bosan dengan martabak biasa? Kamu wajib coba martabak piring yang cukup legendaris di Medan.

Sesuai dengan namanya, camilan ini dicetak menggunakan piring di atas tungku arang. Kamu bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Bungkusnya pun unik dengan menggunakan daun pisang. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Alamat: Jl. Surabaya No. 39, Kota Medan, Sumatera Utara

9. Mie Aceh Titi Bobrok

Restoran mi aceh ini terkenal akan menu Mie Aceh Kepiting dan Mie Aceh Udang. Uniknya, mi aceh di sini juga dihidangkan dalam tiga jenis yakni digoreng dan kering, basah dengan sedikit kuah, dan kuah.

Harga yang ditawarkan variatif tergantung jenis mi, Rp 25.000 seporsi sudah termasuk irisan daging dan kerupuk emping. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB. Sementara khusus hari Jumat buka mulai 14.00 – 22.00 WIB.

Alamat: Jl. Setia Budi Nomor 17C, Kota Medan, Sumatera Utara

10. RM Tabona

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Medan yang terakhir adalah RM Tabona. Rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1982.

Pemilihan kata “Tabona” sendiri berasal dari bahasa Batak yang berarti “Enak sekali”.

Beberapa makanan andalan di RM Tabona adalah Kari Ayam Kampung dan Kari Daging Sapi. Makanan yang paling sering dibeli adalah Kari Ayam Kampung.

Selain menjual kari, mereka juga menjual mi ayam khas Medan. Harga yang ditawarkan untuk menu makanan di sana cukup beragam dan dibanderol mulai dari lebih kurang Rp 24.000. Mereka buka setiap hari mulai pukul 06:30 – 16:30 WIB.

Alamat: Jl. Mangkubumi No. 17, Kota Medan, Sumatera Utara

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata kuliner di Medan, Sumatera Utara yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur kesini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Tag : #wisata medan    #wisata kuliner    #kuliner medan   

Baca Juga