Tempat wisata di Manado, Sulawesi Utara

10 Tempat Wisata di Manado yang Lagi Hits Dikunjungi

Wanovy | Travel | 03-01-2022

Kota Manado menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjugi. Ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut memiliki ragam tempat wisata, seperti wisata alam, kuliner, hingga sejarah yang tak boleh terlewatkan.

Manado terkenal akan keindahan Taman Laut Bunaken-nya. Saking indahnya alam bawah laut di Bunaken, taman laut ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 2005 silam.

Namun, wisata di Manado nggak hanya terbatas pada Taman Laut Bunaken saja. Kota yang dijuluki Kota Tinutan ini masih menyimpan banyak pesona wisata lainnya yang layak untuk ditelusuri.

Berikut beberapa tempat wisata di Manado yang bisa kamu kunjungi saat berlibur kesini.

1. Danau Tondano

Tempat wisata di Manado pertama yang wajib kamu kunjungi yang pertama adalah Danau Tondano yang merupakan danau terluas di Sulawesi Utara.

Terbentuk dari aktivitas vulkanis, panorama dari wisata Manado satu ini sangat memukau dengan Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang yang mengapitnya.

Di sekitar Danau Tondano juga terdapat berbagai wahana wisata yang bisa kamu telusuri seperti Resort Wisata Bukit Pinus, Gua Tikus Tasuka, hingga Bukit Lembean yang dari puncaknya kamu bisa memandang langsung keindahan laut Maluku

2. Yesus Memberkati Statue

Patung Yesus Memberkati merupakan ikon wisata religi serta simbol memberkati Kota Manado. Patung ini terletak di Kawasan Perumahan Citraland Manado, tepatnya di Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Dari monumen patung dengan ketinggian 50 meter serta kemiringan 20 derajat ini, pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah Kota Manado, Pulau Manado Tua, Bunaken, dan Gunung Kablat.

Untuk mencapai lokasi patung, pengunjung dapat menaiki tangga dari sisi jalan setapak. Pengunjung tidak dikenai biaya apapun untuk mengunjungi monumen patung Yesus Memberkati.

3. Danau Linow

Tempat wisata di Manado yang berikutnya adalah Danau Linow. Danau yang di gadang-gadang menjadi salah satu danau dengan pemandangan paling indah seantara pulau Sulawesi. Hal ini tidak berlebihan mengingat keindahan tempat ini sudah terkenal sejak dulu hingga sekarang.

Hal yang paling unik dari danau yang satu ini adalah air pada danau tersebut dapat berganti-ganti sesuai dengan kondisi. Mulai dari warna hijau, biru bahkan terkadang warna cokelat mengingat pada dasar dari danau tersebut. Masih terdapat aktivitas vulkanik yang masih ada dan aktif hingga saat ini.

4. Rumah Alam Manado Adventure Park

Rumah Alam Manado Adventure Park berlokasi di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Manado. Di spot wisata ini, kamu bisa melakukan beragam aktivitas yang kental dengan nuansa alam.

Beberapa di antaranya seperti extreme rapeling, zorbing, hingga mengendarai ATV. Banyak spot Instagramable yang bisa kamu manfaatkan buat foto-foto cantik

5. Pantai Malalayang

Pantai juga menjadi tempat wisata di Manado yang selalu menarik untuk dikunjungi, terlebih keindahan Pantai Malalayang terjaga. Jaraknya hanya sejauh 4 km atau hanya butuh 10 menit untuk sampai. Nuansa pantai masih sangat alami.

Dengan pasir hitam serta beragam fasilitas lengkap. Kamu bisa menikmati bermacam aktivitas seru. Jika suka diving, ada pula spot diving super keren. Pengunjung akan disambut biota laut indah sepanjang menyelam.

6. Air Terjun Tumimperas

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang dari 70 meter. Membuat air yang jatuh menghasilkan suara yang lembut di telinga kamu, tempat ini menjadi salah satu tempat yang masih terjaga kelestariannya.

7. Pulau Siladen

Pulau Siladen berada dalam kawasan Taman Nasional Bunaken, memiliki morfologi daratan yang rata dan bentuk pulau yang bundar.

Pulau Siladen menawarkan keindahan bawah laut yang tak perlu diragukan, lengkap dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan yang cantik. Pengunjung bisa snorkeling, diving, berenang, berkeliling pantai, berjemur di pantai, atau sekadar menikmati kuliner.

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung dapat berangkat naik kapal dari Pelabuhan Manado dengan harga berkisar Rp25.000-Rp50.000, atau pengunjung juga dapat menyewa speedboat dengan harga berkisar Rp 350.000-Rp 900.000.

8. Pantai Patokan

Destinasi tempat wisata di Manado selanjutnya ini bisa dikatakan cukup tersembunyi dan memiliki akses yang cukup sulit. Namun, perjalanan sulit untuk mencapai Pantai Patokan ini tentu sepadan dengan keindahan panorama alam yang disajikannya.

9. Pulau Manado Tua

Berada di kawasan Taman Nasional Bunaken, Pulau Manado Tua tidak kalah dibandingkan dengan pesona pulau-pulau yang lainnya.

Di pulau ini terdapat beberapa pantai yang sangat populer, di antaranya Pantai Apeng Datu, Apeng Ugu, Apeng Salah dan Batu Layar.

Pengunjung dapat berenang, berjemur, diving, menikmati sunset, mengarungi hutan bakau, bahkan dapat berinteraksi dengan ikan eskotik dugong dan lumba-lumba.

10. Pulau Lihaga

Pulau dengan luas sekitar 8 hektare ini menawarkan pasir pantai yang putih dan lembut serta air laut yang jernih. Pulau yang termasuk dalam pulau tak berpenghuni ini terletak di Minahasa Utara.

Tempat wisata di Manado yang satu ini menawarkan spot-spot foto pemandangan laut bahkan bawah laut yang sangat menarik dengan pemandangan indah yang memanjakan mata.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Manado yang bisa kamu jadikan referensi saat berencana berlibur kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #manado    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata religi   

Baca Juga