Tempat wisata di Makassar, Sulawesi Selatan

10 Tempat Wisata di Makassar yang Paling Populer dan Ikonik

Wanovy | Travel | 07-01-2022

PARBOABOA, Makassar - Berbicara tentang tempat wisata di Makassar memang tidak akan pernah ada habisnya. Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini rupanya tidak hanya dikenal dengan kulinernya tapi wisata alamnya pun sangat menawan.

Di samping itu, Makassar juga menawarkan tempat wisata sejarah hingga religi. Tentu saja kamu sudah tidak asing dengan Benteng Fort Rotterdam yang juga menjadi salah satu tempat ikonik di Makassar. Namun, masih ada banyak lagi tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi.

Berikut ini 10 tempat wisata di Makassar yang populer dan ikonik yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur kesini.

1. Pantai Losari

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari. Pantai ini merupakan salah satu ikon kota Makassar yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Makassar.

Tempat wisata di Makassar paling pouler dan ikonik ini dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Pantai ini juga menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Di tempat wisata Makassar paling populer ini kamu bisa memancing, naik banana bots dan sepeda air. Selain itu, kamu juga dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

2. Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)

Tempat wisata di Makassar yang paling populer dan ikonik selanjutnya adalah Benteng Rotterdam. Letaknya tidak jauh dari Pantai Losari dan benteng ini merupakan salah satu icon sejarah Kota Makassar.

Di bagian pojok benteng ini terdapat sebuah ruangan penjara yang dahulu kala pernah ditempati Pangeran Diponegoro (Diponegoro; salah satu pahlawan nasional indonesia).

Sangat terasa nuansa kolonial ketika memasuki benteng ini, kita akan terasa seperti sedang berada di Eropa.

Tamannya tertata rapi dan nyaman sekali untuk kegiatan belajar bersama atau sekedar berkumpul dengan teman-teman.

3. Pantai Akkarena

Menjadi salah satu tempat wisata di Makassar yang paling populer dan ikonik menjadikan Pantai Akkarena banyak dikunjungi wisatawan.

Selain kuliner nikmat yang dimiliknya tentunya juga pantai yang indah yang terdapat di kota ini. Sama hal nya dengan pantai yang ada di Bali bahkan untuk masalah fasilitas dan lain sebagainya.

Jika berlibur ke Bali dirasa terlalu jauh dan biasa, Pantai Arkkarena ini bisa menjadi alternatif.

Disini terdapat juga beberapa kuliner lezat yang di sediakan di sekitar tempat ini yang bisa kamu pilih dan rasakan. Olahan masakan yang ada di tempat ini berasal dari ikan segar yang baru saja di tangkap. Sedap nikmat dan pedas menjadi salah satu ciri masakan pada kota ini.

4. Pantai Kuri Caddi

Pantai Kuri Caddi salah satu pantai yang memberikan suasan kedamaian serta ketenangan. Pemandangan yang sangat eksotis karena panorama alam yang indah sangat cocok jika kalian yang ingin merasakan suasan relaksasi.

Tempat wisata di Makassar yang paling populer dan ikonik ini berlokasi di Kuri Caddi,Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke pantai tersebut alias gratis.

5. Air Terjun Leang Pa’niki

Di Air Terjun Leang Pa’niki wisatawan akan mendapat kesempatan bermain air dengan puas disertai dengan hembusan angin yang menyejukkan. Tidak hanya itu, pemandangan di sekitar air terjun pun sangat indah.

Namun perlu diingat untuk selalu berhati-hati saat bermain di bawah guyuran air terjun, karena arusnya yang cukup kuat.

6. Pegunungan Kars Rammang-Rammang

Tempat wisata di Makassar yang paling populer dan ikonik selanjutnya adalah Pegunungan Karst Rammang-Rammang. Dengan latar pegunungan kapur terluas di Indonesia ini, wisatawan dapat mengambil foto Instagramable.

Cukup dengan menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Kota Makassar, panorama Pegunungan Karst Rammang-Rammang sudah siap memanjakan mata.

7. Pulau Lae-lae

Pulau lae-lae kecil atau yang biasa disebut “gussung tallang” merupakan salah satu tempat wisata unik di Makassar.

Pulau Laelae menjadi tempat wisata di Makassar yang cocok untuk kamu yang ingin jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pulau ini punya pesona yang sangat menawan, sehingga sangat cocok kamu jadikan tempat berlibur dan bersantai. Terlebih lagi jumlah penduduk di pulau ini sangatlah sedikit.

Pulau Laelae menjadi salah satu tempat wisata di Makassar yang paling populer dan gratis tanpa dipungut biaya. Anda hanya perlu membayar biaya penyebrangannya saja dari dermaga.

Fasilitas dan sarana pun sudah tersedia banyak gazebo gazebo untuk tempat bersantai bagi setiap wisatawan yang datang ke pulau.

Berbagai aktifitas dapat Anda lakukan di pulau ini. Mulai dari sekadar berenang, snorkeling atau bahkan diving.

8. Pulau Samalona

Selain Pulau Lae-lae, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi Pulau Samalona.

Di pulau dengan pantai pasir putih ini, wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti snorkeling, diving, atau berenang di air lautnya yang jernih. Untuk mengaksesnya wisatawan bisa menggunakan speed boat dari Dermaga Kayu Bangkoa.

Harga yang dipatok untuk menyeberang ke Pulau Samalona sekitar Rp 25.000 rupiah per orang karena lokasinya yang lebih jauh.

9. Masjid 99 Kubah

Objek wisata religi yang akan membuat kamu berdecak kagum yaitu Masjid 99 Kubah CPI Makassar. kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan pesona keindahan masjid yang satu ini. Bahkan Masjid ini masuk ke dalam 10 masjid unik yang ada di Indonesia.

Masjid 99 Kubah CPI ini terletak di Ujung Pandang, Kota Makassar. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan objek wisata yang satu ini. Kamu bisa masuk ke Masjid ini untuk menunaikan Shalat sambil menikmati pesona sekitar masjid yang mempesona.

10. Pantai Tanjung Layar Putih

Satu lagi tempat wisata di Makassar yang paling populer dan ikonik ialah Pantai Tanjung Layar Putih. Pantai ini mempunyai pesona tak kalah indah dari Pantai Akkarena.

Namun, pantai ini kurang dilirik banyak wisatawan, padahal keindahan pantai ini sangat mempesona, terutama menjelang sunset.

Pantai Tanjung Layar Putih ini hanya berjarak 60 kilometer dari Anjungan Pantai Losari. Biaya masuk untuk pengendara motor hanya sekitar Rp5 ribu saja, sementara untuk pengendara mobil sekitar Rp10 ribu. Jadi Anda bisa menikmati pesona pantai ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika berlibur ke Makassar, jagan khawatir soal penginapan. Makassar punya banyak penginapan yang nyaman dan dekat dengan objek wisata Makassar diatas.

Itulah 10 tempat wisata di Makassar yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur disini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Untuk penjelasan selengkapnya tonton video 10 Tempat Wisata di Makassar yang Paling Populer dan Ikonik di channel YouTube kami.

Tag : #wisata makassar    #makassar    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata religi    #wisata sejarah   

Baca Juga