Tempat wisata di Berastagi

10 Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Wanovy | Travel | 30-12-2021

Berastagi merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang berhawa sejuk. Lokasinya tidak jauh dari kota Medan, kamu bisa menggunakan bus Sinabung atau Sutra yang harganya murah meriah sudah bisa membawamu ke berbagai tempat menarik di Berastagi.

Tapi jika ingin lebih banyak mengunjungi tempat wisata di sekitar kabupaten Karo ini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, berikut ini adalah tempat wisata di Berastagi yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin berlibur kesini.

1. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap atau dikenal warga sekitar dengan nama Sampure Sikulikap merupakan tempat wisata di Berastagi yang dekat dengan Kawasan Ekosistem Leuser.

Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan berada di dalam hutan hujan tropis. Airnya bersumber dari Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan. Arus air di air terjun ini cukup deras dan dulunya dinding batu air terjun ini sering menjadi area panjat tebing bagi pecinta alam.

Lokasi: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Sibolangit, Karo, Sumatra Utara.

2. Pemandian Air Panas Si Debuk-debuk

Rekomendasi tempat wisata di Berastagi selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk. Pemandian air panas ini berjarak 58 km dari kota Medan, dan berada di ketinggian 2000 Mdpl.

Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin merelaksasi diri atau melepas penat setelah perjalanan panjang atau lelah bekerja dengan rendaman air hangat.

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk memiliki sumber air panas alami dengan suhu 40-45 derajat celcius dan belerang yang berasal dari aliran lava Gunung Sibayak. Tak perlu khawatir jika lapar melanda, kamu juga bisa membeli makanan dan minuman hangat di area sekitar lokasi wisata

Lokasi: Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

3. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar memiliki pemandangan bukit hijau yang indah dan air danau yang bersih. Udara yang sejuk semakin menambah serunya berkemah di sekitar danau ini.

Tak kalah cantik dari Danau Toba, Danau Lau Kawar merupakan danau eksotis di Kawasan Ekosistem Leuser, tepatnya di kaki Gunung Sinabung, dengan ketinggian 2.451 Mdpl.

Dalam perjalanan ke Danau Lau Kawar, kamu bisa melihat pemandangan pohon pinus di sepanjang jalan, kebun, bangunan rumah adat Karo, dan perkampungan warga.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan danau yang airnya jernih dengan bersantai di pendopo yang ada di sekitarnya. Tempat wisata di Berastagi yang satu ini cocok untuk kamu yang mencari ketenangan.

Lokasi: Desa Kuta Gunung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Probvinsi Sumatera Utara.

4. Bukit Gundaling

Tempat wisata di Berastagi yang tak kalah populer adalah Bukit Gundaling. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.575 mdpl dan hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Berastagi. Jika kamu berangkat dari Kota Medan, tempat ini hanya berjarak sekitar 66 km.

Bukit Gundaling menawarkan panorama keindahan Kota Berastagi dari atas ketinggian bukit. Tempat ini juga sangat pas untuk melihat aktibvitas Gunung Sinabung.

Kondisi alam di sekitar bukit ini tergolong masih cukup asri. Mayoritas areanya dipenuhi oleh pepohonan pinus, dan udara di sekitarnya pun terasa sangat segar. Bila tujuan kamu untuk melepaskan penat, maka tempat ini adalah tempat yang pas untuk kamu kunjungi.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kab. Karoini.

5. Taman Alam Lumbini

Tempat wisata di Berastagi yang kelima adalah Taman Alam Lumbini. Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Taman ini adalah bagian dari sebuah Vihara yang sengaja dibangun sebagai tempat ibadah masyarakat Budha yang ada di sekitar daerah Karo.

Biasanya mayoritas pengunjung Taman Alam Lumbini ini hanya memanfaatkan bagian sekitar taman terutama bagian Vihara untuk dijadikan sebagai latar belakang pengambilan foto.

6. Bukit Kubu Berastagi

Tempat wisata di Berastagi yang selanjutnya adalah Bukit Kubu Berastagi. Bukit ini merupakan tempat wisata di Berastagi yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

Tempat wisata yang satu ini tergolong sangat mudah untuk diakses di antara tempat-tempat wisata di Karo lainnya. Berbagai aktivitas pun bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berkeliling menggunakan kuda dan delman, bermain flying fox, main mobil remote control, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jalan Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Semajaya, Kabupaten Karo.

7. Kampung Desa Lingga

Desa Lingga adalah salah satu desa yang menjadi daerah tujuan wisata di Kabupaten Karo. Letaknya di ketinggian sekitar 1.200 m dari permukaan laut.

Desa Lingga merupakan sebuah perkampungan tradisional yang memiliki berbagai rumah adat yang berumur sekitar 250 tahun dan masih berdiri kokoh. Desa Lingga memiliki bangunan tradisional seperti rumah adat, jambur, geriten, lesung, sapo page (sapo ganjang) dan museum karo.

Rumah adat karo mempunyai ciri serta bentuk yang sangat khusus, di dalamnya terdapat ruangan yang besar dan tidak mempunyai kamar-kamar.

Rumah adat berupa rumah panggung, tingginya kira-kira 2 meter dari tanah yang ditopang oleh tiang, umumnya berjumlah 16 buah dari kayu ukuran besar. Kolong rumah sering dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan kayu dan sebagai kandang ternak.

Nilai-nilai filosofis yang dikandung dari ukiran dekoratif sangat menarik untuk Moms dan keluarga pelajari. Jadi sambil berwisata, kamu juga bisa mendapatkan nilai edukasi budaya dan sejarah jika berkunjung ke tempat wisata di Berastagi ini.

Lokasi: Desa Lingga, Kec.Simpang empat, Karo, Sumatera Utara.

8. Wahana Funland Mickey Holiday

Tempat wisata di Berastagi yang berikutnya adalah wahana Funland Mickey Holiday. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati sekitar 40 wahana permainan yang sangat menantang. Mulai dari wahana permainan roller coster sampai wahana permainan tornado, semuanya ada disini.

Funland Mikie Holiday adalah outdoor fun park terbesar di Sumatera Utara. Tidak heran, tempat wisata di Berastagi satu ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Lokasi: Jl. Letjen Jamin Ginting Km.50, Desa Pecen, Kec.Berastagi, Sempajaya, Kab.Karo.

9. Air Terjun Dua Warna

Tempat wisata di Berastagi yang satu ini cukup unik, Air Terjun Dua Warna memiliki dua warna air yakni kehijauan dan biru yang membuatnya sangat eksotis dan memesona dengan tinggi yang mencapai 75 meter.

Sumber air terjun ini adalah sebuah sungai dari letusan Gunung Sibayak.Untuk kamu yang tertarik ke tempat ini, kamu perlu menyiapkan pakaian khusus hiking dan juga tour guide karena perlu menerobos hutan yang cukup lebat dan berlokasi di area camping Sibolangit.

Lokasi: Bandar Baru, Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

10. Penatapan Berastagi

Tempat wisata di Berastagi yang terakhir adalah Penatapan Berastagi. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat. Di Penatapan Berastagi, kamu bisa duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan alam dan sajian kuliner sederhana seperti mi rebus dan jagung bakar.

Kondisi alam di sekitar Penatapan benar-benar masih asri. Kondisi udaranya masih sangat segar dengan pepohonan besar yang tumbuh di seluruh bagian penjuru wilayahnya. Jika kamu berkunjung saat malam hari kamu akan menyaksikan pemandangan cantik berupa kelap-kelip lampu kota yang indah, ditemani dengan sajian kuliner.

Lokasi: Jalan lintas Medan-Kabanjahe, Jalan Jamin Ginting, Doulu, Berastagi, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Berastagi yang bisa kamu dan keluarga kunjungi saat liburan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!tempat wisata di berastagi, rekomendasi tempat wisata di berastagi, wisata berastagi, wisata alam berastagi, wisata sejarah berastagi

Tag : #berastagi    #karo    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga